Catat, 3 Jalur Alternatif Saat Pantura Kudus-Demak Kebanjiran
Jalur Pantura tergenang akibat banjir Kudus (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan 3 rute alternatif sebagai pengalihan arus kendaraan di Jalur Pantura Demak-Kudus yang terputus akibat banjir.

Diketahui, banjir terjadi di beberapa titik Jalur Pantura akibat hujan lebat dan jebolnya tanggul Kali Wulan.

"Kalau nanti terjadi banjir di tempat yang sama Demak Kudus kita sudah menyiapkan 3 jalur alternatif untuk pengalihan arus," ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan kepada wartawan, Kamis, 28 Maret.

Ruas alternatif itu antara lain melalui Sayung-Purwodadi-Blora-Rembang. Kemudian, rute Semarang-Kedungmundu-Kudus dan terakhir jalur Semarang-Purwodadi-Blora-Rembang.

Meski demikian, Aan menyebut pihak Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang atau PUPR sedang memperbaiki jalan yang rusak akibat banjir. Diharapkan, bila banjir tak terjadi lagi, jalur tersebut sudah bisa dilalui.

"Jadi jalur pasca banjir terutama di KM 41 sampai 45 terdampak sangat parah di Demak Kudus ya itu dari PUPR sudah menjamin waktu pengerjaan perbaikan ini h-10 tadi sudah mantap sudah 95 kemantapannya," sebutnya.

Tak hanya itu, Polri juga sudah memetakan titik rawan bencana saat arus mudik. Sehingga, langkah antisipasi dan tindaklanjutnya sudah dipersiapkan.

"Sudah kita siapkan alternatif juga di tempat yang rawan bencana sudah kita petakan dengan pak Asops ada 155 titik yang kita petakan rawan bencana termasuk bencana banjir," kata Aan.