Pemkab Bekasi Perbaiki Jalur Mudik Kalimalang
Pekerjaan perbaikan jalan di Ruas Kalimalang, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sebagai pendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Bagikan:

BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat fokus memperbaiki jalur pemudik di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan pada periode musim mudik IdulFitri tahun ini.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan penataan Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang beririsan dengan program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya.

"Tahun ini, anggaran sebesar Rp120 miliar dialokasikan untuk perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang, termasuk untuk memperbaiki jalan rusak yang akan dilintasi oleh para pemudik," katanya dikutip ANTARA, Kamis, 21 Maret.

Dia mengatakan Jalan Kalimalang memiliki panjang 33 kilometer terbentang dari batas wilayah Kota Bekasi hingga batas Kabupaten Karawang. Saat ini perbaikan ruas jalan tersebut sedang dalam tahap pengukuran untuk menentukan bagian mana yang akan diperbaiki.

Pekerjaan perbaikan ini bertujuan agar para pemudik yang mayoritas menggunakan sepeda motor dapat merasa lebih nyaman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas saat melintasi jalan tersebut.

"Untuk jalur mudik yang dilintasi di Kabupaten Bekasi, hanya Jalur Kalimalang yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Jalan Pantura dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bukan tanggung jawab kami, melainkan tanggung jawab pemerintah pusat dan Jasamarga," ucapnya.

 

Henri menjelaskan perbaikan jalan dilakukan dengan beberapa metode, termasuk tambal sulam untuk jalan yang rusak ringan dan pengecoran untuk jalan yang rusak parah. Selain itu, pembangunan jalan baru juga dilakukan untuk pelebaran jalan setelah proses pembebasan lahan sebelumnya.

"Saat ini juga ada pembangunan jalan untuk pelebaran jalan yang sebelumnya dilakukan pembebasan lahan," katanya.

Pihaknya menargetkan perapihan seluruh jalan di Ruas Kalimalang dapat dituntaskan H-5 sebelum Hari Raya Idul Fitri atau sebelum puncak arus mudik.

"Prediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan H-3, target kami pada H-5 sudah bisa dilintasi pemudik," kata dia.