90 Persen Karhutla di Aceh Karena Dibakar, Kapolda: Saya akan Tindak Tegas
Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada menegaskan penyebab terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada sejumlah kabupaten/kota di Aceh akibat dibakar.

“90 persen karena dibakar, kata Kepala BPBA juga begitu, karena dibakar,” kata Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada kepada wartawan, di banda Aceh, dilansir Antara, Selasa, 2 Maret.

Penegasan itu, ia sampaikan saat melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya di kawasan Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya.

Karena itu, Kapolda meminta kepada seluruh jajaran kepolisian di Aceh, agar tidak ragu melakukan langkah hukum, terhadap siapa pun pelaku pembakar lahan di daerah ini. Ia juga menegaskan kepolisian akan menindak tegas siapa pun pelakunya.

“Saya akan tindak tegas, saya akan tindak tegas,” katanya dengan raut wajah geram.

Kapolda Aceh juga meminta kepada seluruh jajaran polres di Aceh, agar tetap memproses siapa pun pelaku yang telah menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

“Sepanjang untuk kepentingan masyarakat, untuk kepentingan anak cucu kita, jangan ragu, jangan takut, tabrak,” kata Kapolda Wahyu Widada menegaskan.