Erick Thohir Reuni dengan Mantan Menteri BUMN Rini Soemarno hingga Tanri Abeng, Bahas Apa?
Erick Thohir bersama dengan para mantan Menteri BUMN. (Foto: Instagram @erickthohir)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tengah mengadakan pertemuan dengan sejumlah mantan Menteri BUMN. Pertemuan itu dilakukan di Gedung Kementerian BUMN hari ini.

Momen pertemuan ini dibagikan oleh Erick Thohir di akun sosial media @erickthohir. Dalam Foto yang diunggah Erick, terlihat mantan Menteri BUMN yang turut hadir adalah Rini Soemarno, Laksamana Sukardi, Sugiharto, Tanri Abeng, Mustafa Abubakar.

"Reuni bersama para mantan Menteri BUMN di Kementerian BUMN, Pak Laksamana Sukardi, Pak Sugiharto, Ibu Rini Soemarno, Pak Tanri Abeng, Pak Mustafa Abubakar. Walau hanya sebentar, diskusinya tetap berkesan, sehat-sehat selalu Bapak Ibu," tulis dia, dikutip Selasa, 2 Maret.

Seperti diketahui, Laksamana Sukardi pernah menjabat Menteri BUMN pada Kabinet Gotong Royong yang dipimpin Presiden Megawati Sukarnoputri dan Wakil Presiden Hamzah Haz pada tahun 1999 sampai 2000.

Sebelum menjadi politisi, Laksana merupakan salah satu ekonom dan bankir. Di saat karirnya sebagai banker begitu cemerlang hingga mendapat penghargaan sebagai Banker of the Year dari Majalah SWA (1993), dia beralih menjadi politisi. Partai PDI yang dipimpin Megawati Soekarnoputri menjadi pilihannya.

Sementara, Sugiharto menjadi Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Bersatu. Dia menjabat dari Oktober 2004 hingga Mei 2007. Sebelum digantikan Sofyan Djalil dalam perombakan kabinet yang dilaksanakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Rini Soemarno pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004. Pada saat yang sama, Rini juga menjadi presiden Direktur pada PT kanzen Motor Indonesia. Setelah itu dia diangkat sebagai Menteri BUMN pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo 2014-2019.

Sedangkan, Tanri Abeng ditunjuk oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN dan dilanjutkan dengan jabatan yang sama di Kabinet Reformasi Pembangunan pimpinan Presiden Habibie.

Lalu, Mustafa Abubakar. Ia merupakan mantan Menteri BUMN di Kabinet Bersatu pada periode 2009 hingga 2014 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

VOI mencoba mengonfirmasi kepada Staf Khusus Menteri BUMN Erick Thohir, Arya Sinulingga mengenai pertemuan tersebut dan apa saja topik yang dibahas. Namun, hingga berita ini di tulis, Arya belum merespons.