PKS Soal Peluang Kembali Usung Anies di Pilgub Jakarta: Sangat Memungkinkan
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta Khoirudin (kanan berpeci)/FOTO: DIah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - PKS menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi di Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD DKI Jakarta 2024. Lalu, apakah PKS akan kembali mengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI 2024 seperti tahun 2017 lalu?

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta Khoirudin mengaku peluang untuk mengusung Anies kembali bisa saja terjadi ketika capres nomor urut 1 tersebut kalah dalam Pilpres 2024.

"Sangat memungkinkan (mengusung Anies kembali di Pilgub DKI 2024)," kata Khoirudin di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret.

Namun, Khoirudin menyebut partainya masih menunggu kesediaan Anies untuk kembali dijagokan dalam Pilkada DKI.

Anies, kata Khoirudin, akan memutuskan pilihannya usai pengumuman hasil rekapitulasi Pilpres 2024 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya bertemu pak Anies hari Kamis kemarin, saya sudah menyampaikan langsung kita menunggu hasil KPU dulu. Setelah itu baru akan kita sampaikan secara resmi tentang apakah Pak Anies akan maju lagi jadi gubernur DKI Jakarta atau tidak. Yang jelas, Pak Anies aset warga Jakarta buat umat," jelas Khoirudin.

Hari ini, NasDem, PKB, dan PKS resmi menyepakati untuk melanjutkan koalisi yang sudah terjalin di Pilpres 2024 dibawa ke Pilkada DKI Jakarta.

Hal ini diumumkan usai pertemuan antara para sekjen dan pengurus partai tingkat provinsi yang berlangsung di NasDem Tower.

Meski begitu, ketiga partai tersebut belum menyepakati nama-nama yang akan diusung dalam Pilgub DKI.

 

Partai NasDem beberapa waktu lalu mengungkap sudah membidik nama kader yang bakal diusung menjadi calon gubernur, yakni Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid mengungkap partainya melirik dua nama kader yang berpeluang diusung dalam Pilgub DKI Jakarta.

Kedua nama tersebut adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Anggota DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas. Kedua kader tersebut kini lolos dalam Pileg DPR RI.

"Kalau PKB untuk DKI banyak stok. Ada anggota DPR RI terpilih Jaksel, Bu Ida Fauziah. Ada ketua DPD PKB yang juga terpilih jadi anggota DPR RI di Jaktim, Pak Hasbiallah Ilyas," tutur Hasanuddin.