Bagikan:

JAKARTA - Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) melakukan penyelidikan terhadap viralnya unggahan berisi foto prajurit SAF diiringi narasi hinaan rasis.

Mengutip The Straits Times, unggahan di media sosial lewat Instagram Story itu memperlihatkan enam prajurit dengan wajah corang-coreng kamuflase berpose memegang senjata dengan latar belakang kawasan hutan.

Unggahan itu disertai keterangan hinaan rasis yang identik digunakan untuk merendahkan orang kulit hitam di negara tersebut.

“Chiong sua n*****s," tulis keterangan unggahan tersebut.

Saat ini akun Instagram yang memposting unggahan itu digembok atau menjadi private. Foto akun profil Instagramnya dihapus.

Menanggapi viralnya unggahan tersebut, Kementerian Pertahanan Singapura menegaskan SAF menjaga standar disiplin dan integritas tinggi pada tiap prajurit SAF.

Dijelaskan juga unggahan itu tanpa izin lantaran melanggar peraturan diambil di area terlarang yang di antaranya kamp militer SAF dan area pelatihan.

SAF juga tidak membenarkan hinaan rasis dan kasar dilakukan prajuritnya.

“SAF... akan mengambil tindakan disipliner yang sesuai terhadap mereka yang ditemukan melanggar peraturan atau terlibat dalam pelanggaran,” demikian Kementerian Pertahanan Singapura.