Mengenal Apa Itu Squall Line, Fenomena Cuaca yang Picu Banjir Semarang
Ilustrasi hujan badai (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu squall line bisa dipahami sebagai salah satu fenomena cuaca yang belum lama ini terjadi di Indonesia. Bahkan, fenomena squall line jadi pemicu bajir Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Di luar dari banjir yang terjadi di Semarang, artikel ini akan memberikan informasi tentang fenomena squall line dan dampaknya.

Apa Itu Squall Line?

Dikutip dari situs weatherandradar, squall line adalah sekumpulan garis petir yang membentuk garis linier hingga menghasilkan hujan yang lebat sekaligus intens. Meski hanya berupa garus, squall line panjangnya bisa mencapai ratusan kilometer. Beberapa sumber mengatakan bahwa jangkauan lebar squall line bisa mencapai 16 hingga 33 kilometer.

Squall line cukup sering terjadi di lingkungan dan cuaca yang tidak stabil, yakni ketika udara dingin naik hingga memicu embun dan pembentukan awan. Udara yang berembus ke atas akan memicu pertumbuhannya secara terus menerus.

Awan cenderung dimulai dari awan kumulonimbus yakni jenis awan konvektif yang menjulang tinggi, sedangkan bentuknya bergumpal menyerupai bunga kol. Awan tersebut juga jadi indikasi bahwa akan ada hujan dan badai petir.

Dampak Squall Line

Squall line memiliki dampak tertentu terhadap cuaca suatu wilayah. Berikut ini beberapa dampak yang mungkin terjadi seiring dengan munculnya squall line, dikutip dari weather.

  1. Angin Kencang

Squall line hampir dibarengi dengan angin kencang. Kekuatan angin tergantung pada banyak variabel seperti stabilitas atmosfer, serta seberapa besar kekuatan angin di atas permukaan tanah.

Biasanya squall line yang cukup kuat mampu menghasilkan embusan angin yang cukup kuat untuk menumbangkan pohon atau tiang yang terpancang tinggi. Angin juga dapat melontarkan butiran es yang jatuh dari langit secara cepat. Butiran es itu dapat merusak benda yang ditimpanya.

  1. Memicu Tornado

Squall line juga dapat memicu tornado yang terjadi secara cepat. Kemunculan tornado bisa terjadi dalam semalam dengan disertai hujan. Meski tidak smua squall line dapat memicu kemunculan tornado, namun perlu diwaspadai karena kemunculan tornado tetap bisa terjadi dengan membada dampak merusak yang cukup parah.

  1. Hujan dan Petir yang Berbahaya

Curah hujan yang sangat tinggi bisa muncul seiring dengan adanya squall line. Saat hujan parah terjadi, jarak pandang bisa sangat pendek. Bahkan kondisi tersebut bisa muncul hanya dalam hitungan detik. Saat itu terjadi, usahakan segera mencari perlindungan. Cari tempat aman agar terhindari dari reruntuhan apapun.

Selain hujan, squall line juga dapat memicu ribuan sambaran petir. Duras sambaran petir bervariasi, bisa selama setengah jam atau lebih lama setelah garis badai dan angin kencang berlalu. Saat terjadi hujan petir, hindari kontak dengan perangkat listrik, telepon kabel, dan pipa logam saat berada di dalam ruangan.

Disarankan pula untuk mengetahui tips berlindung diri dari angin puting beliung agar tetap aman.

Selain terkait apa itu squall line, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.