Tips Berlindung dari Angin Puting Beliung, Langkah Aman dan Cepat Mitigasi
tips berlindung dari angin puting beliung (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bencana angin puting beliung melanda sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat. Angin puting beliung menerjang Sumedang dan Bandung pada Rabu (21/2), hingga merusak rumah dan bangunan. Indonesia menjadi lokasi yang rawan dilalui oleh angin kencang, sehingga penting mengetahui tips berlindung dari angin puting beliung.

Ahli klimatologi mengatakan bahwa bencana angin kencang yang melanda dua wilayah di Jabar tersebut termasuk kategori tornado. Tim periset dari BRIN akan melakukan rekonstruksi dan investigasi tornado Rancaekek yang memporak-porandakan Sumedang dan Bandung. 

Angin puting beliung yang terjadi kali ini berlangsung dengan durasi yang lebih lama, berbeda dengan puting beliung biasanya di Indonesia. Angin kencang yang dikategorikan sebagai tornado memiliki kekuatan angin lebih tinggi dan radius lebih luas. Lantas bagaimana cara berlindung dari angin puting beliung atau bencana tornado?

Tips Berlindung Diri dari Angin Puting Beliung

Angin puting beliung termasuk bencana yang dapat menimbulkan kerugian besar. Dalam sejumlah peristiwa angin puting beliung yang pernah terjadi di Indonesia, bencana ini dapat menghancurkan rumah dan bangunan hingga menimbulkan korban jiwa. 

Itulah mengapa sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui langkah mitigasi saat terjadi angin puting beliung. Berikut ini beberapa tips berlindung diri dari angin puting beliung, berdasarkan Buku Saku Tanggap Tangkas Menghadapi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana Edisi 2017:

Prabencana 

  • Membuat rumah ataupun bangunan yang kokoh supaya tahan terhadap terjangan bencana puting beliung yang ancamannya sulit diprediksi. 
  • Meningkatkan pengetahuan tentang angin puting beliung, mulai dari penyebab munculnya hingga cara menyelamatkan diri. 
  • Memperhatikan tanda-tanda terjadinya angin puting beliung, seperti udara terasa panas, kemudian muncul awan gelap yang berlangsung hingga sore hari.

Saat Bencana

  • Saat terjadi angin puting beliung, segera bawa masuk barang-barang ke dalam rumah supaya tidak tersapu oleh angin kencang.
  • Tutup dan kunci jendela serta pitung agar terjangan angin kencang tidak masuk ke dalam rumah.
  • Segera matikan listrik dan peralatan elektronik lainnya untuk mencegah korsleting yang dapat memicu kebakaran.
  • Apabila ada potensi petir akan menyambar, segera membungkuk, duduk, lalu dekap lutut kearah dada, dan jangan tiarap di atas tanah.
  • Bila berada di luar rumah saat puting beliung, hindari bangunan-bangunan tinggi seperti tiang listrik, papan reklame, dan jangan berlindung di bawah pohon besar karena bisa saja roboh dan menimpa.

Pascabencana

  • Setelah angin puting beliung usai atau berlalu, segera memastikan keselamatan keluarga dan orang-orang terdekat. Apabila ada korban luka, segera lakukan pertolongan pertama.
  • Jika ada kerusakan yang berhubungan dengan listrik dan gas, segera laporkan kepada pihak yang berwenang. 
  • Jika sedang dalam perjalanan, teruslah kembali dengan berhati-hati.

Langkah Antisipasi Puting Beliung

Bencana angin puting beliung sering terjadi saat peralihan musim. Kedatangan angin kencang ini sulit diprediksi karena merupakan fenomena atmosfer skala lokal. Selain memahami cara-cara perlindungan atau penyelamatan diri, sebaiknya Anda juga mengetahui langkah antisipasi dari puting beliung. 

Berikut ini beberapa langkah antisipasi untuk menghadapi bencana angin puting beliung:

  • Apabila terdapat pohon yang rimbun dan tinggi serta rapuh, sebaiknya segera ditebang supaya tidak berisiko roboh diterjang angin kencang. 
  • Memperkuat bagian atap rumah yang sudah rapuh supaya tidak mudah terhempas oleh angin kencang.
  • Jika melihat adanya awan yang tiba-tiba gelap di momen yang sebelumnya cerah, sebaiknya jangan mendekati area awan gelap tersebut. 
  • Apabila melihat adanya tanda-tanda angin kencang atau puting beliung, segera masuk dalam ruangan yang kuat atau kokoh dan hindari berdiri di dekat bangunan atau sesuatu yang rawan roboh. 

Demikianlah beberapa tips berlindung diri dari angin puting beliung yang wajib dipahami oleh setiap orang. Bencana angin puting beliung perlu diwaspadai karena bisa muncul di mana saja dan dengan skala yang tinggi, sehingga berpotensi membahayakan. Baca juga angin tornado di Sumedang-Bandung sebabkan 500 rumah rusak.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.