Prinsip Anies Kalah Jadi Oposisi, Nasdem: Di Luar dan di Dalam Pemerintah Sama Terhormatnya
Capres Anies Baswedan (Timnas Amin)

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem menanggapi Capres nomor urut 1, Anies Baswedan yang menyebut dirinya memegang prinsip pemenang pilpres berada di pemerintahan. Sedangkan yang kalah berada di luar pemerintahan.

Ketua DPP Partai NasDem, Ahmad Ali menilai posisi di dalam maupun di luar pemerintah sama-sama terhormat.

"Prinsipnya di luar dan di dalam pemerintahan sama terhormatnya," ujar Ali kepada wartawan, Kamis, 1 Maret.

Namun, Ali enggan menanggapi lebih jauh apakah NasDem akan mengambil posisi di luar atau di dalam pemerintahan. Termasuk sikap yang sama dengan Anies. Sebab menurutnya, saat ini pihaknya masih menunggu hasil pilpres resmi dari KPU.

"Belum ada hasil pilpres, belum bisa ditanggapi," kata Ali.

Sebelumnya, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan meminta semua pihak menghormati kerja KPU untuk menuntaskan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024. Setelah hasil diumumkan secara, Anies baru akan mengeluarkan pernyataan resmi.

Hal ini disampaikan Anies merespons terkait kemungkinan dirinya menjadi oposisi jika tidak memenangkan Pilpres 2024.

"Kalau ternyata hasilnya berubah gimana? Kalau ternyata ada putaran kedua gimana? Kalau ternyata hasil berbeda gimana? Jadi kita tunggu sampai tanggal 20 (Maret 2024) baru kemudian nanti kita akan sampaikan," kata Anies kepada wartawan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Maret.

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan posisi yang akan diambil jika kalah dalam Pilpres 2024. Dia memegang prinsip yang kalah bakal berada di luar pemerintahan.

"Benar bahwa di dalam proses Pemilu itu akan ada selalu yang menang berada di pemerintahan, yang tidak (menang) berada di luar pemerintahan. Saya pegang prinsip itu saja," tegas Anies Baswedan.