Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri sebenarnya secara tertutup sering bertemu dengan tokoh bangsa. Ia sengaja melakukannya untuk menghindari kegaduhan.

Hal ini disampaikan Hasto saat ditanya soal waktu pasti pertemuan antara Megawati dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK). Menurut dia, Megawati belakangan ini memang sering bertemu dengan para tokoh prodemokrasi yang salah satunya adalah eks Menteri Negara Perumahan Rakyat Siswono Yudo Husodo.

“Ibu Mega juga menerima para tokoh, sebelumnya misalnya dengan Pak Siswono kemudian juga dilakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh demokrasi. Hanya pertemuan dilakukan secara tertutup karena menghindari kebisingan yang tidak perlu,” kata Hasto kepada wartawan di Kampus UI, Depok, Kamis, 7 Maret.

Sementara soal pertemuan Megawati dan JK, Hasto tak mau banyak bicara. Tapi, ia mengaku sudah menjalin komunikasi yang berkaitan dengan Pemilu 2024.

Bahkan, Hasto bertemu JK dalam acara diskusi ‘Konsolidasi untuk Demokrasi Pasca Pemilu 2024: Oposisi atau Koalisi?’ di Auditorium Juwono Sudarsono Fisip UI, Depok. Ketika itu, ia sempat membicarakan soal aspek yang perlu dikritisi dari pesta demokrasi tahun ini.

“Tadi saya juga bertemu dengan Pak JK. Kami sampaikan berbagai aspek-aspek bahwa pengkritisan terhadap Pemilu 2024 ini harus dilakukan karena ini merupakan masa depan kita,” tegasnya.

“Sekiranya kita tidak lakukan suatu review secara menyeluruh, penyelidikan secara menyeluruh buat apa pemilu yang akan datang? Karena nilai-nilai demokrasi, nilai-nilai etika, nilai hukum, itu telah dikerdilkan,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, JK menjelaskan pertemuan Megawati masih berkonsolidasi dengan partainya sehingga pertemuan belum terjadi. “Luar biasa. Kan, partai besar mesti konsolidasi," kata JK saat ditemui di kantor Kalla Group, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Maret.

Kabar Megawati bakal bertemu JK terdengar setelah Ketua Umum Partai NasDem ke Istana Merdeka, Jakarta dan berbicara secara tertutup dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hanya saja, belum tahu kapan waktu pastinya.

Politikus PDIP Adian Napitupulu mengatakan pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla bakal terjadi. Ia minta semua pihak menunggu waktu pastinya.

“Kita dengar saja, kita ikuti,” kata Adian kepada wartawan di kantor TKRPP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Februari.

Belum dirinci oleh Adian soal apa yang akan dibahas. “Pasti terjadi lah,” tegasnya.