Keren, Botol Bekas Air Mineral Disulap Jadi Perahu Oleh Petugas Pembersih Sampah
Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Botol plastik bekas air mineral berhasil disulap menjadi perahu pengangkut sampah yang dirakit oleh Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu, 6 Maret.

Petugas UPS Badan Air Kecamatan Duren Sawit, Indra Sianturi mengatakan, perahu yang telah dibuat pihaknya sudah berjumlah dua unit perahu botol plastik.

"Ada dua jenis perahu yang sudah dibuat, ada yang botol bekasnya diwarnain itu ukuran panjang empat meter, lebarnya 1,75 meter, satu lagi belum diwarnain ukurannya panjang 4 meter, lebarnya dua meter," kata Indra, Rabu, 6 Maret.

Indra mengatakan, untuk dapat merakit satu buah perahu, pihaknya menghabiskan waktu hingga dua pekan. Perakitan itu dimulai dari mengumpulkan materil berupa bambu dan kayu bekas yang didapat dari sampah di aliran kali Banjir Kanal Timur (BKT), botol bekas berasal dari bank sampah warga, lalu cat warna, tali benang wol, juga lem dari anggaran.

"Pengerjaannya itu dua minggu, kami kerjakan itu setelah kami pulang bekerja," katanya.

Indra mengatakan, untuk dapat dioperasikan, satu perahu membutuhkan total 1.000 botol bekas. Botol bekas tersebut tentu berasal dari beragam ukuran.

"Satu perahu habiskan botol bekas ukuran variasi ada ukuran 1,5 liter, 600 mililiter, dan 19 mililiter total 1.000 botol," katanya.

Sementara perahu ini sudah mulai dioperasikan UPS Badan Air Kecamatan Duren Sawit sejak satu pekan untuk membantu petugas menyisir sampah di aliran sepanjang kali BKT.

Saat pengoperasian, perahu itu mampu menampung total enam orang. Ditargetkan kedepannya akan ada penambahan jumlah unit perahu dengan beragam ukuran.