Bagikan:

JAKARTA - DPR RI kembali menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 di ruang rapat paripurna, Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 Maret. Agenda tersebut menjadi rapat paripurna DPR yang pertama pasca-Pemilu 2024.

Rapat paripurna pembukaan masa sidang hari ini berisi dua agenda. Salah satunya, rapat mengagendakan pidato Ketua DPR Puan Maharani.

Namun, Puan justru absen pada rapat paripurna yang sedianya dimulai pukul 09.30 WIB itu karena masih berada di Paris, Prancis, dalam rangka kunjungan kerja.

Salah satu kegiatan Puan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen Perempuan Dunia atau Women Speakers' Summit 2024. KTT tersebut akan dihelat selama dua hari hari, yakni 6-7 Maret 2024.

Berdasarkan keterangan resminya, Puan akan melakukan sejumlah agenda selama kunjungannya ke Prancis pekan ini. Sebelum menghadiri Women Speakers' Summit 2024, Puan akan melakukan bilateral meeting dengan Ketua Majelis Nasional Prancis Madame Yaël Braun-Pivet.

Pertemuan Puan dengan Yaël Braun-Pivet diselenggarakan hari ini, Selasa, 5 Maret 2024, di kantor Majelis Nasional Prancis atau National Assembly of French yang berada di Paris.

"Hubungan Indonesia-Prancis telah tumbuh dengan positif lebih dari 73 tahun. Pertemuan DPR RI dengan National Assembly of French dapat mendorong semakin eratnya kerja sama kedua negara," kata Puan.

Dalam rapat paripurna hari ini, Puan diwakili Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad untuk memimpin sidang dan membacakan pidato ketua DPR. Mencuat kabar, paripurna akan dihujani interupsi soal persoalan hak angket kecurangan Pemilu 2024.

Sementara di luar gedung DPR, ribuan aparat keamanan sudah berjaga jaga untuk mengamankan aksi demonstrasi menuntut pelaksanaan hak angket mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.