Kabut Asap Landa Meulaboh Aceh
Kabut asap diduga berasal dari lokasi kebakaran hutan dan lahan melanda Meulaboh Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat. (ANTARA)

Bagikan:

MEULABOH - Kabut asap diduga berasal dari lokasi kebakaran hutan dan lahan melanda Meulaboh Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat.

“Fenomena kabut asap ini berasal dari lokasi kebakaran lahan di kawasan Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat di Meulaboh, dikutip Antara, Senin, 1 Maret.

Menurutnya, kabut asap dari pemantauan BPBD belum mengganggu aktivitas masyarakat, termasuk jarak pandang.

Guna menghindari gangguan kesehatan, kata Mashuri, BPBD Aceh Barat mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar terus memakai masker.

Hal ini diharapkan dapat menghindari masyarakat dari gangguan kabut asap yang berasal dari lokasi kebakaran lahan di daerah tersebut.

“Fenomena kabut asap ini masih terus kami lakukan pemantauan, sejauh ini belum mengganggu aktivitas warga,” kata Mashuri.

Dia menegaskan, upaya pemadaman di lokasi kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, hingga Senin siang masih terus dilakukan.

Upaya pemadaman tersebut, kata dia, melibatkan personel BPBD Aceh Barat, TNI, Polri, relawan dan turut dibantu masyarakat.