Jokowi Tegaskan Stok Beras Tak Bermasalah Jelang Lebaran
Presiden Joko Widodo (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan stok beras dalam negeri tak bermasalah jelang bulan Ramadan dan Idulfitri.

Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mencegah meroketnya harga dan kelangkaan berbagai komoditas barang pokok.

"Ini mau lebaran, sudah, persiapan-persiapan mengenai ketersediaan utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting," kata Jokowi dalam konferensi pers di Halim Perdanakusuma, Senin, 4 Maret.

"Beras saya kira stoknya enggak ada masalah," sambungnya.

Jokowi mengatakan dirinya akan memantau soal ketersediaan beras dan bahan pokok lainnya. Ia juga bakal mengecek harga bahan pokok yang disebut naik belakangan ini.

"Tapi di beberapa pasar, dilihat sekali lagi, dilihat, mengenai beras di Pasar Cipinang dan Pasar Johar, Karawang mulai turun," tegasnya.

Presiden Jokowi meyakini penurunan harga di dua pasar ini akan diikuti di wilayah lainnya. Sebab, sebentar lagi Indonesia akan masuk musim panen.

"Segera panen raya dalam satu bulan ke depan akan terjadi sehingga saya kira harga itu akan turun banyak. Gabah juga saya dapat informasi di lapangan sudah turun tapi jangan drastis karena petani juga perlu diberikan ruang keuntungan," pungkas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.