Dua Bayi Bekantan Lahir di Kawasan Konservasi Camp Tim Roberts, Kalimantan Selatan
Bayi bekantan dari dua indukan betina kelompok Alpha saar terlihat di Pulau Curiak, Minggu (3/3/2024). (Antara/Firman)

Bagikan:

JAKARTA - Stasiun Riset Bekantan di Pulau Curiak Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan kembali menyambut kelahiran dua bayi bekantan dari dua indukan betina kelompok Alpha.

"Kemunculan bayi bekantan ini terlihat saat kami melakukan patroli rutin di area Camp Tim Roberts hari ini," kata Dr Amalia Rezeki selaku Founder Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) di Banjarmasin seperti dikutip Antara, Minggu.

Dia menjelaskan, kelahiran dua bayi bekantan itu merupakan sebuah capaian yang luar biasa bagi kawasan pulau kecil yang dikelola dan dijaga oleh SBI.

Masyarakat nelayan setempat juga telah berhasil menyumbang penambahan populasi bekantan di dunia.

Dosen Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang sering disapa Amel itu mengungkapkan, sepanjang awal tahun ini sudah terdapat tiga ekor kelahiran bayi bekantan di kawasan Camp Tim Roberts, yang merupakan bagian dari kawasan Stasiun Riset Bekantan Pulau Curiak yang berada di luar kawasan konservasi.

Sehingga total populasi bekantan yang termasuk primata endemik terancam punah di kawasan ini mencapai 46 ekor dari 14 ekor ketika awal dibangun sebagai pusat riset bekantan oleh SBI foundation.

Sementara pegiat konservasi satwa liar Ferry F. Hoesain mengapresiasi upaya Amel dan timnya yang telah berhasil mewujudkan sinergi kerja pentahelix yang strategis dalam upaya pelestarian bekantan dan membuka harapan untuk peningkatan populasi bekantan sebagai maskot fauna Kalimantan Selatan.

Sedangkan Prof Hadi Sukadi Alikodra, guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang merupakan peneliti senior bekantan turut menyambut gembira atas kelahiran dua bayi bekantan di Pulau Curiak itu.

“Alhamdulillah selamat untuk keberhasilan proteksi bekantan, lanjutkan hingga tercapainya hidup bahagia bagi masyarakat desa sekitarnya," katanya.

Camp Tim Roberts adalah wahana riset bekantan dan ekosistem lahan basah yang berada dalam kawasan Stasiun Riset Bekantan Pulau Curiak dilengkapi dengan fasilitas, seperti trek yang juga berfungsi sebagai transek, menara pantau, rumah mangrove, green house rambai, pendopo untuk ruang diskusi, dan beberapa gazebo, serta ecolodge.

Kawasan ini didirikan pada 15 Januari 2020 oleh Yayasan SBI bekerja sama dengan ULM dan University Of New Castle Australia. Nama Tim Roberts didedikasikan kepada Prof Timothy Roberts Killgour dari University of New Castle Australia, yang telah berjasa dalam pendirian Stasiun Riset Bekantan dan membangun jaringan kerja sama antara University of Newcastle dengan SBI foundation.