Warga Ciputat Gerudug Rumah Terduga Dukun Santet, Ditemukan Sejumlah Foto Ditusuk Jarum
Ilustrasi Pixabay

Bagikan:

TANGSEL - Rumah terduga dukun santet berinisial HE (67) yang terletak di kawasan Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, dikepung warga pada Minggu, 3 Maret. Warga geram dan menuding HE melakukan praktek santet.

Dari kediaman HE, ditemukan ratusan lembar foto wajah warga berukuran sedang yang ditancapi banyak jarum-jarum kecil. Terlihat pula ada lingkaran berwarna merah yang dibubuhkan pada beberapa sisi tubuh dalam foto.

Kebanyakan foto itu merupakan warga sekitar yang pernah bersinggungan langsung dengan HE.

Dari keterangan Egy Abdulgani, salah satu warga yang fotonya menjadi sasaran HE mengaku jika wajahnya nampak ditancapi sejumlah jarum. Lalu pada bagian kedua bahu dilingkari guratan tinta berwarna merah.

"Ini foto saya, liat sendiri ada banyak tusukan jarum. Memang saya merasakan sakit, sudah wara-wiri rumah sakit sampai terjual dua mobil buat berobat, tapi nggak ada apa-apa hasil rekam medisnya," kata Egy kepada wartawan di lokasi.

Hal serupa juga dialami warga lainnya. Abdullah mengatakan, dia kaget begitu mendapati ada foto wajahnya dalam kondisi ditancapi banyak jarum. Padahal kata dia, foto itu merupakan foto lama yakni tahun 1998 silam.

"Itu foto tahun 1998, saya juga bingung dia dapat dari mana," katanya.

Sementara Polsek Ciputat Timur didampingi pengurus lingkungan turut memediasi keributan itu di lokasi. Saat didesak warga, HE mengakui jika dia memang menjalani ritual ghaib terhadap semua warga dalam foto itu.

"Dia tadi bilang, jadi foto-foto itu dibuat supaya adem, nggak tahu maksud ademnya itu gimana,," tambah Abdullah.

Setelah menjalani mediasi bersama, akhirnya HE membuat surat pernyataan di atas materai yang turut ditandatangani Ketua RW setempat serta 8 saksi warga.

"Dengan ini menyatakan, tidak lagi melakukan kegiatan spiritual," ucapnya.

Sementara Ketua RW setempat, Agus Suhaimi, tak mau berkomentar banyak. Dia hanya membenarkan bahwa ada ratusan foto yang diamankan dari kediaman HE, termasuk foto wajahnya.

"Ada foto saya juga, ini udah saya ambil. Tadi dia (HE) sudah buat surat pernyataan bermaterai nggak akan mengulangi lagi," katanya.