Bagikan:

BANDUNG - Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusmawan, mengungkapkan harapannya terhadap pengerjaan jembatan tol Kilometer (KM) 149 di Tol Padaleunyi untuk segera dieksekusi. Hal ini bertujuan agar gerbang tol di lokasi tersebut dapat dibuka kembali untuk masyarakat umum.

Menurut Teddy, informasi yang didapatkannya menunjukkan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan persiapan tender untuk pengerjaan tersebut. Dana untuk proyek ini telah dianggarkan pada tahun 2023.

"Mudah-mudahan (segera) dieksekusi, karena pengerjaan paling lama delapan bulan," ujar Teddy Rusmawan dalam keterangan di Bandung, Sabtu, 2 Maret.

Teddy memperkirakan bahwa jika pengerjaan tender dimulai pada bulan Mei 2024, gerbang tol KM 149 tersebut dapat kembali beroperasi pada akhir tahun 2024.

Sebelumnya, Senior General Manager Jasa Marga, Widiyatmiko Nursejati, menjelaskan bahwa penutupan akses keluar masuk KM 149 sejak 1 Januari 2024 dilakukan karena ditemukan kerusakan pada struktur jalan. Hal ini dilakukan berdasarkan arahan Kementerian PUPR melalui instruksi BPJT.

Widiyatmiko juga menegaskan bahwa Jasa Marga akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk memastikan pemenuhan kelayakan operasional jalan akses KM 149 sebelum diserahterimakan untuk beroperasi penuh.

Di sisi lain, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu memastikan kondisi fisik dan kendaraan dalam keadaan prima serta memiliki saldo uang elektronik yang cukup.