Bagikan:

JAKARTA - Komedian Dede Sunandar harus menelan pil pahit atas keputusannya terjun ke politik dengan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Bekasi.

Sampai Kamis, 22 Februari, pukul 11.00 WIB, Dede Sunandar hanya berhasil mengumpulkan 11 suara dari 36,53 persen real count KPU. Partai Perindo sendiri hanya mendapat 1,19 persen suara di real count.

Menyadari suara yang didapatnya tidak banyak, Dede berusaha menghibur diri. “Kegagalan adalah kesuksesan yang gak jadi wkwkwkw,” tulisnya di Instagram @dede-sunandar.

Sebelumnya pada unggahan bulan November 2023, Dede lewat akun instagram mengungkapkan keyakinan dan kepercayaan diri maju menjadi caleg.

“Kalau Allah sudah ikut andil tidak ada kata mustahil. Bismilah DPRD kota bekasi dapil 5 Bekasi barat dan Pondok gede. Nomor urut 3,” ujar Dede ketika itu.

Demi memberanikan diri terjun ke politik, Dede harus menjual dua mobil miliknya.

“Mobil (sekarang) satu, keluar dua. Sudah dua mobil dijual, tinggal satu lagi nih. Jangan (dijual), udeh itu buat kendaraan saya kan ke mana-mana. Tapi nggak pernah ada penyesalan. Kalau nggak terpilih enggak apa-apa, kan ada pembelajaran dari situ," kata Dede dalam YouTube Bukan Umbar Janji Trans7.

Nasib yang dialami Dede berbanding terbalik dengan seniornya, Komeng yang justru mendulang banyak suara maju lewat jalur nonpartai Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hingga Kamis pagi pukul 10.00 WIB, Komeng masih teratas dalam perolehan suara, yakni sebanyak 1.969.572 atau 20.1% dar hasil rekapitulasi KPU 60,20%.