390 Personel TNI-Polri Amankan Pencoblosan Ulang di Jateng
Ilustrasi pencoblosan Pemilu 2024/ Foto: IST

Bagikan:

SEMARANG – Ribuan warga Jawa Tengah hari ini, Minggu 18 Februari 2024, melakukan pemungutan suara ulang di 26 tempat pemilihan suara (TPS), serta pemungutan suara susulan di 114 TPS yang tersebar di 13 kabupaten/ kota.

Menurut keterangan yang diterima VOI, sejumlah kabupaten/ kota yang melaksanakan pemungutan suara ulang antara lain Purworejo (1 TPS), Boyolali (4 TPS), Kebumen (1 TPS), Jepara (1TPS), Pemalang (4 TPS), Magelang (4 TPS ), Rembang (4 TPS), Kota Tegal (1TPS) dan Kabupaten Tegal (1 TPS).

Selain itu, pemungutan suara ulang juga akan dilaksanakan di Purbalingga (1 TPS), Wonosobo (2 TPS), Sragen (1 TPS) dan Sukoharjo (1TPS).

Terkait hal ini, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personel gabungan untuk mendukung pengamanan kegiatan tersebut.

"Sebanyak 260 personel Polri dan 130 TNI sudah disiapkan. Personel pengamanan berjaga di ring dua TPS. Sedangkan di ring tiga sebagai pemantauan dan pembinaan keamanan di wilayah, akan dilakukan Babinsa dan bhabinkamtibmas setempat," kata Kombes Satake dalam keterangannya, Minggu, 18 Februari.

Selain itu, Satake juga menyebut personel juga sudah disiapkan untuk mengamankan kegiatan pemungutan suara susulan yang akan dilaksanakan di kabupaten Demak.

Sejumlah kawasan di Kabupaten tersebut, tidak dapat melaksanakan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari lalu akibat terdampak banjir besar.

Pemungutan suara susulan (PSS) akan dilaksanakan pada 24 Februari mendatang di 114 TPS di 10 desa di Kabupaten Demak.

"Untuk pemungutan suara ulang (PSU) nanti dalam satu TPS dijaga oleh 10 Anggota Polri dan 5 TNI, sedangkan untuk pemungutan suara susulan (PSS) dalam satu TPS diamankan 2 Polri dan 1 TNI " terangnya.

Dengan melakukan pengamanan, Polda Jateng berharap pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal dan berlangsung dengan tertib dan aman.

"Untuk pengamanan kegiatan terkait Pemilu 2024, Polda Jateng terus mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait termasuk KPU dan Bawaslu. Semoga pelaksanaan seluruh kegiatan berjalan lancar," ungkapnya

Lebih lanjut, Satake mengimbau warga masyarakat yang telah terdaftar untuk mengikuti pemungutan suara ulang maupun susulan agar hadir di TPS untuk menyalurkan aspirasinya.

"Jangan sampai golput, karena suara setiap warga masyarakat ikut menentukan masa depan kepemimpinan dan parlemen di Indonesia, untuk lima tahun mendatang," pungkasnya