Banjir di Kawasan Ring 1 Istana Jakarta Surut, Petugas: Penyebab Karena Banyak Kabel di Saluran Air
Banjir kawasan Istana Jakarta mulai surut, Rabu 14 Februari siang (Rizky Sulistyo/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Genangan banjir setinggi 15 sampai 20 Cm yang melanda kawasan ring 1 akses menuju Istana Negara yakni di Jalan Medan Merdeka Selatan, depan patung kuda Monas, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, sudah surut pada Rabu, 14 Februari.

Kasie Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Achmad Daeroby membenarkan adanya genangan yang terjadi di Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Tadi sempat genangan, cuma sudah surut. Kita kerahkan 4 orang personel SDA untuk penanganan di lokasi," kata Achmad Daeroby saat dikonfirmasi VOI, Rabu, 14 Februari.

Achmad Daeroby menjelaskan, penanganan genangan banjir yang dilakukan adalah dengan pembersihan tali - tali air yang mengalami sumbatan karena banyaknya kabel utilitas di lokasi.

"(penanganan) Tadi hanya pembersihan tali - tali air saja. Kendala di lokasi banyak kabel utilitas di dalam saluran," ujarnya.

Guna mengantisipasi genangan muncul kembali, pihaknya melakukan koordinasi dengan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat untuk merelokasi kabel kabel tersebut.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta Pusat sejak Rabu dini hari, 14 Februari hingga pukul 06.00 WIB mengakibatkan 4 ruas jalan di Jakarta Pusat terendam banjir.

Bahkan genangan banjir juga melanda kawasan ring 1 akses menuju Istana Negara yakni di Jalan Medan Merdeka Selatan, depan patung kuda Monas, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

"Ketinggian air 15 sampai dengan 20 cm di Jalan Medan Merdeka Selatan," kata Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji saat dikonfirmasi VOI, Rabu, 14 Februari, pagi.