Bagikan:

SEMARANG - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, meminta seluruh pendukungnya mendoakan Blacius Subono, pemeran Semar yang meninggal saat Hajatan Rakyat Solo, Jawa Tengah. Momen ini terjadi saat dirinya akan berorasi politik di Hajatan Rakyat Semarang pada Sabtu, 10 Februari 2024.

"Saya merasa terharu dan terpukul, salah satu aktor yang memerankan Semar dipanggil Yang Maha Esa. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun," kata Ganjar di Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah.

Ia meminta doa dari seluruh pendukung yang hadir di Simpang Lima, untuk Pak Bono, sapaan Blacius Subono.

"Saya meminta semua berdoa memohon kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Semoga almarhum bisa diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa mulai," ujarnya.

Suasana kampanye kemudian hening sejenak demi doa bersama untuk Pak Bono. Bagi Ganjar, almarhum merupakan aktor seniman yang hebat.

"Pak bono seorang aktor seniman gigih menyiapkan ini (kampanye, red.) dengan baik," tutur Ganjar.

Diberitakan sebelumnya, pensiunan Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang juga seniman, Blacius Subono, meninggal dunia usai berperan sebagai Semar di Hajatan Rakyat Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Dari tayangan YouTube PDIP, momen ini terjadi setelah Blacius memberikan wayang Semar kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk diserahkan kepada Ganjar Pranowo. Ia yang berdiri di belakang capres nomor urut tiga itu tiba-tiba ambruk ke depan.

Ganjar yang ada di depannya sempat reflek menengok. Ia kemudian ikut membantu menangkap Blacius agar tidak langsung jatuh membentur aspal.