Bagikan:

SOLO - Pensiunan Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang juga seniman, Blacius Subono meninggal dunia usai berperan sebagai Semar di Hajatan Rakyat Solo, Jawa Tengah.

Dari tayangan YouTube PDIP, momen ini terjadi setelah Blacius memberikan wayang Semar kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk diserahkan kepada Ganjar Pranowo. Ia yang berdiri di belakang capres nomor urut tiga itu tiba-tiba ambruk ke depan.

Ganjar yang ada di depannya sempat reflek menengok. Ia kemudian ikut membantu menangkap Blacius agar tidak langsung jatuh membentur aspal.

 

Belakangan Blacius dinyatakan meninggal dunia. Kabar ini disampaikan melalui akun resmi ISI Surakarta.

“Institut Seni Indonesia Surakarta Berduka. Selamat Jalan Pak Bono,” demikian tulis akun tersebut, Sabtu, 10 Februari.

“Inna lillaahi wa inna ilaihi raji'uun. Rektor dan segenap civitas academica Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) turut berduka cita atas berpulangnya salah seorang Empu dan purna dosen terbaik dari Program Studi Teater ISI solo, Blacius Subono, S.Kar., M.Sn.

“Semoga Almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.”