3.311 Personel Gabungan Amankan Kampanye Prabowo-Gibran di GBK, Ini Skema Pengalihan Arus Lalin
Apel kepolisian di area GBK/FOTO: Rizky Sulistio-VOII

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 3.311 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi lainnya mengamankan kampanye akbar Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di GBK.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pasukan akan ditempatkan di sejumlah titik antara lain di dalam Stadion GBK, area ring road, area luar pintu masuk ke kawasan GBK hingga kantong-kantong parkir.

"Kami juga mengantisipasi terjadinya gesekan antara pendukung paslon 01 dengan pendukung paslon 02 bila mereka nanti bertemu di jalanan," kata Kombes Susatyo kepada wartawan, Sabtu, 10 Februari.

Untuk mengurai kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas di kawasan GBK, pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan situasional.

Pihaknya menerapkan Car Free Day (CFD) terbatas dan rekayasa arus lalu lintas di kawasan GBK.

"Arus lalu lintas di kawasan GBK mulai pukul 14.00 sampai 20.00 WIB, akan diberlakukan Car Free Day bagi peserta kampanye," ujarnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat juga menguimbau kepada masyarakat yang ikut serta dalam kampanye akbar Prabowo-Gibran untuk bersama-sama menjaga keamanan dan tertib berlalu lintas.

"Mari kita jaga Persatuan dan Kesatuan untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai," ucapnya.

Pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan oleh polisi untuk mengurai kepadatan di sekitar kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas untuk menghindari ruas jalan di sekitar kawasan GBK dan mencari jalur alternatif," katanya.

Berikut rekayasa arus lalu lintas di sekitar kawasan GBK:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi

4. Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah

5. Arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar

6. Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar