Dewan Pakar Politik TPN Ganjar-Mahfud: Debat Capres Terakhir Menentukan Bagi Undecided dan Swing Voters
Tiga pasangan capres/cawapres tiba di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pakar Politik Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Muhammad AS Hikam, mengungkapkan bahwa debat capres terakhir malam ini dianggap sebagai momen krusial, terutama bagi masyarakat yang masih undecided dan swing voters. Hikam menyatakan bahwa debat ini dapat memengaruhi 20 persen pemilih yang belum memutuskan pilihan mereka, memberikan potensi untuk meraih 10-15 persen suara tambahan.

“Ini sangat menentukan. Para capres harus bisa full blown. Kalau menggunakan hitungan Kompas, 20 persen undecided dan swing voters itu banyak. Jadi, masih bisa mendapatkan 10-15 persen suara. Kalau teorinya debat hanya memengaruhi swing voters, tapi kan ini namanya politik, bukan bisnis," ujar Hikam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Meskipun debat dianggap penting, Hikam juga menyoroti bahwa politik tidak semudah itu, dan masih ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan pemilih, seperti gagasan, identitas politik, isu-isu terkini, dan pesan kampanye.

Setelah pengunduran Mahfud Md sebagai Menko Polhukam, Hikam meyakini bahwa calon presiden Ganjar Pranowo akan semakin bebas dalam menyampaikan gagasannya. Ia optimis bahwa Ganjar dapat lebih leluasa dalam beradu ide, karena Mahfud telah melepaskan jabatannya yang strategis.

Hikam juga mengungkapkan bahwa kebijakan pro-rakyat menjadi ide dasar dari program Ganjar-Mahfud, dengan inisiatif seperti KTP Sakti yang bertujuan mendata masyarakat penerima bantuan pemerintah dengan baik. KTP Sakti diharapkan dapat memastikan bantuan sosial dan subsidi negara tepat sasaran.

"Saya tidak akan kaget dalam debat capres terakhir nanti, Pak Ganjar bisa lebih bebas mengutarakan pandangannya karena Pak Mahfud telah melepaskan jabatan strategis-nya,” ujarnya.

Dalam konteks kesejahteraan ekonomi sosial, Hikam menekankan pentingnya kebijakan yang menyasar masyarakat yang paling terpinggirkan. Ia menyatakan bahwa buruh dan anak sekolah perlu ditingkatkan sumber daya manusianya (SDM) melalui pendidikan dan asupan gizi.

Ganjar-Mahfud menyadari pentingnya pendidikan dan kesehatan sebagai bagian yang harus diperbaiki guna mencapai pemerataan kesejahteraan ekonomi sosial. Mereka berkomitmen untuk menyusun perencanaan yang memprioritaskan kesehatan dan pendidikan, sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan tersebut.

“Stunting di Indonesia diawali dengan 'stunting cara berpikir pada kalangan elite-nya' yang nggak bisa memperbaiki tantangan global jadi mereka hanya menjadi echo chamber. Akhirnya hanya segelintir orang dari elite kita yang bisa melaksanakan. Secara agregat tetap tidak bisa bersaing," ungkap Hikam

Debat pemungkas Pilpres 2024, yang merupakan debat ketiga mempertemukan para capres, diadakan oleh KPU RI dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi. Pasangan capres-cawapres yang bersaing adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (nomor urut 3