Besok, Perdana Pesawat Citilink Mendarat di Ternate: Harga Tiketnya Cuma Rp1,1 Juta
Pesawat Citilink. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai Citilink membuka rute penerbangan dari Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) ke berbagai kota di Indonesia melalui kerjasama dengan PT Royal Ternate Aviasi guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kehadiran penerbangan Citilink bertujuan untuk dapat mempercepat akses pertumbuhan ekonomi Maluku Utara melalui jasa transportasi udara," kata Direktur PT Royal Ternate Aviasi, Nulzuludin Mudaffar Syah di Ternate, dikutip dari Antara, Rabu 24 Februari.

Direktur PT Royal Ternate Aviasi, Nulzuludin Syah ketika dihubungi menyatakan, penerbangan perdana Citilink dengan menggunakan pesawat Airbus A-320 dengan rute Jakarta - Ternate dijadwalkan pada Kamis 25 Februari pukul 05.30 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma dan tiba Bandara Sultan Babullah Ternate pada pukul 10.30 WIT.

Setibanya di Bandara Babullah Ternate akan disambut oleh Pemprov Maluku Utara, kota Ternate dan Kesultanan Ternate dengan upacara Joko Kaha dan Doa Kie yang merupakan tradisi di daerah ini, di mana baru pertama kali menginjak/ mendarat di bumi Moloku Kie Raha.

Dia mengakui, sekalipun dalam kondisi pandemi COVID-19, banyak maskapai yang mengalami penurunan mencapai 50 persen, namun untuk maskapai Citilink tetap membuka rute penerbangan baru masuk Ternate, selain kargo juga menunjang bagi investor yang ingin berkunjung ke daerah Maluku Utara.

Apalagi, Malut memiliki banyak potensi sumber daya alam yang bernilai ekspor, baik di sektor pertambangan seperti nikel dan emas, dan saat ini salah satu perusahaan telah investasi pembangunan pabrik baterai pembangkit listrik di Halmahera Timur, sedangkan untuk sektor perikanan di Halmahera Selatan.

Selain itu, pada bulan Oktober 2021 akan terselenggara dua event di daerah Maluku Utara yaitu Seleksi Tilawatil Qur'an tingkat Nasional di Sofifi dan Sail pulau Tidore, yang akan dihadiri banyak pengunjung dari berbagai daerah maupun dari mancanegara,

Menyinggung tentang harga tiket, kata Zul sangat terjangkau bagi masyarakat dalam perjalanan dengan menggunakan penerbangan Citilink, di mana dari Ternate - Jakarta harga tiket Rp1.100.000 dengan bagasi 20 kg.