Dayana Santap Soto Ayam dan Indomie di KBRI Nur-Sultan Kazakhstan
Dayana di KBRI Nur-Sultan Kazakhstan

Bagikan:

JAKARTA - Kedubes RI di Nur-Sultan, Kazakhstan lagi-lagi memposting hal yang berkaitan dengan YouTuber Fiki Naki dan Dayana. Setelah bersilaturahmi dengan Fiki Naki secara virtual, kini Kedubes RI di Nur-Sultan mengunggah momen Dayana saat mencicipi masakan Indonesia di Rumah Budaya KBRI.

Postingan terbaru ini diunggah pada Selasa, 23 Februari malam. Isinya video Dayana sedang menyantap masakan khas Nusantara.

“Apakah orang Kazakhstan doyan makanan Indonesia? Makanan Indonesia apa yang cocok dengan selera orang Kazakhstan? Ayo kita perkenalkan makanan-makanan Indonesia ke teman-teman di negara sahabat kita, Kazakhstan dan Tajikistan,” demikian caption postingan akun Instagram resmi Kedubes RI di Nur-Sultan, Kazakhstan. 

Episode ke-7 Dapur Rumah Budaya ini bisa disaksikan lewat YouTube. Kedubes RI juga menyertakan dua bahasa sekaligus yakni Rusia dan Indonesia. 

"Apa kabar?" kata Dayana menyapa dengan bahasa Indonesia dalam video. Dayana mencicipi sejumlah santapan ala Indonesia seperti soto ayam.

"Soto ayam ini seperti sup," kata Dayana menggunakan bahasa lokal yang diterjemahkan. Dayana memberi nilai 10 untuk rasa soto ayam yang disajikan. 

Selain itu, Dayana juga mencicipi nasi goreng yang disajikan lengkap dengan telor ceploknya. Dayana dijelaskan soal nasi goreng yang dimasak dengan kecap juga terasi plus tambahan kerupuk udang.

"Ini sangat pedas," kata Dayana mencicipi nasi goreng sambil memberikan skor 9 untuk hidangan ini. 

Bukan cuma itu, Dayana mencicipi Indomie goreng. Dayana menyebut Indomie goreng seperti Ramyeon, Korea termasuk mirip makanan lokal.

"Ini seperti Lagman," Dayana menggambarkan cita rasa mi goreng seperti hidangan lokal di Kazakhstan. Untuk santapan yang kerap diidentikan dengan anak kos di Indonesia ini, Dayana memberi nilai 10.

Sebelumnya,  Dubes RI untuk Kazakhstan Rahmat Pramono menjumpai Youtuber Fiki Naki bersama manajernya. Dubes RI Rahmat Pramono mengapresiasi kreativitas dalam diplomasi antarnegara.

“Di era digital, siapa saja dapat ambil bagian dalam berdiplomasi. Kreativitas yang bijak dan santun dalam bersosial media dan semangat menjalin persahabatan lintas negara merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan kaum muda dalam mempromosikan citra Indonesia di dunia internasional dan meningkatkan hubungan baik Indonesia dengan negara-negara sahabat,” demikian keterangan KBRI Nur-Sultan soal pertemuan virtual dengan Fiki Naki dikutip dari postingan Instagram resminya, Selasa, 23 Februari. 

KBRI Nur-Sultan menyampaikan terima kasih kepada Fiki Naki dan manajernya Theresia Felicia. Silaturahmi ini disebut sangat berarti bagi Kedubes RI di Kazakhstan.

“Ditunggu silaturahminya yang tidak virtual ya,” sambungnya. 

Dayana, perempuan Kazakhstan yang jadi sorotan netizen di Indonesia memang pernah menyambangi kantor Kedutaan Besar RI (KBRI) Nur-Sultan, Astana, Kazakhstan pada Rabu, 20 Januari. Dayana mulai mengenali budaya Indonesia dari kunjungannya.

Kunjungan Dayana pemilik akun Instagram @demi.demik ini juga diunggah dalam postingan akun Instagram resmi Kedubes RI di Kazakhstan.

Dayana berfoto menggunakan kain adat budaya Indonesia. Di akun Instagramnya, Dayana tampak memainkan angklung dan memvideokan gamelan yang berada di rumah budaya KBRI Kazakhstan.

“Kami belajar banyak tradisi dan budaya Indonesia. Sangat menarik,” kata Dayana dalam postingannya.

Netizen ada yang berharap KBRI Nur-Sultan bisa memediasi ‘perdamaian’ Dayana dan Fiki Naki. Maklum, setelah terpeleset ucapan soal ‘tak butuh’ Indonesia, Dayana jadi bulan-bulanan.

Bahkan Baim Wong ikut mengomentari pernyataan Dayana. Dayana sempat meminta maaf, namun belakangan dihapus dari feed Instagram.

Terkini, Dayana memblokir akun Instagram Fiki Naki. Fiki Naki mengungkapkan hal ini karena ditanya netizen mengapa tak lagi mengikuti akun Instagram demi.demik.

Cukup pelik memang urusan Dayana dan Fiki Naki. Fans garis keras Dayana meminta Fiki Naki dengan gentle menghapus video Ome TV part 1-6 yang diunggah di akun Youtube Fiki Naki. 

Tapi banyak juga yang ‘menyerang’ Dayana gara-gara terpeleset pernyataannya yang dianggap sombong karena bicara tak lagi menginginkan ke Indonesia sekaligus pamer punya kawan vlogger terkenal di Rusia.