Posko Netralitas TNI/Polri Berdiri di 35 Polres se-Jateng
Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Satake Bayu Setianto. ANTARA/I.C. Senjaya

Bagikan:

SEMARANG - Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan posko netralitas TNI/Polri pada Pemilu 2024 telah berdiri di 35 kepolisian resor (polres) se-Jateng.

"Didirikan lokasi-lokasi strategis di masing-masing kabupaten/kota selama 24 jam," kata Kombes  Satake dilansir ANTARA, Selasa, 30 Januari.

Menurut dia, posko yang dijaga personel Polisi Militer dan Propam Polri tersebut dibuka mulai 26 Januari hingga 20 Februari 2024.

Posko netralitas TNI/Polri, kata dia, merupakan wujud kerja sama antara Polda Jawa Tengah dan Kodam IV/Diponegoro dalam memastikan personel keamanan tersebut netral selama pemilu.

Kombes Satake berharap masyarakat lebih mudah mengetahui keberadaan posko serta lebih mudah dalam melaporkan jika ada dugaan pelanggaran netralitas personel TNI/Polri.

 

"Setiap laporan yang masuk, akan ditindaklanjuti dan diproses," katanya menegaskan.

Selain melaporkan langsung ke posko netralitas, lanjut dia, masyarakat juga bisa melapor melalui nomor pesan WhatsApp yang sudah disiapkan.

Ia menegaskan keberadaan posko netralitas merupakan wujud komitmen TNI/Polri untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.