Bagikan:

JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur wilayah Jakarta sejak Senin 29 Januari pagi. Meski demikian, tinggi muka air (TMA) di sejumlah pintu air di sekitar ibu kota masih cenderung normal.

Berdasarkan keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, pantauan tinggi muka air di 10 titik pintu air berstatus siaga 4 atau normal. Salah satunya di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat.

Dalam laporannya, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai mencapai 670 cm dengan cuaca gerimis pada Senin pukul 19.55 WIB.

Adapun pintu air lainnya yang berstatus siaga 4 meliputi Katulampa, Depok, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, dan Pulo Gadung. Sementara itu, data BPBD DKI menunjukkan Pintu Air Angke Hulu dan Pasar Ikan berstatus siaga 3 atau waspada.

Terkait cuaca, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca hujan ringan, sedang, hingga deras disertai petir. Kondisi tersebut terjadi di sejumlah mayoritas kota besar, termasuk Jakarta pada Senin ini.

Meskipun hujan intensitas sedang hingga deras mengguyur ibu kota dan sekitarnya, BPBD DKI belum mencatat adanya ketinggian genangan air per Senin pagi.

Namun, BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan berujung banjir karena tengah memasuki musim penghujan.

Dalam keadaan darurat, BPBD DKI juga mengimbau masyarakat segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop.