Bagikan:

PROBOLINGGO - Siti Atikoh mengatakan kader posyandu jadi perhatian pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Istri Ganjar itu menyebut bakal ada insentif bagi mereka yang jadi akar rumput di bidang kesehatan.

Hal ini disampaikan Atikoh saat hadir di Akas Garage, Kota Probolinggo, Jawa Timur pada Kamis, 25 Januari. Awalnya, ia menyinggung peran kader posyandu bagi balita maupun lansia.

“Karena saya 10 tahun jadi Ketua Tim Penggerak PKK sadar sekali kerja ibu itu luar biasa sekali. Menjadi ujung tombak, ujung tombok,” kata Atikoh di hadapan warga yang hadir. 

Atikoh kemudian menyinggung kader posyandu kerap bergerak swadaya untuk berbagai kebutuhan, misalnya mengadakan makanan tambahan bagi balita. “Kader posyandu kadang iuran,” tegasnya.

Ganjar-Mahfud ke depan akan mengupayakan pemberian insentif bagi para kader posyandu. Mengingat ada di antara mereka tidak mendapat honor padahal punya tanggung jawab yang besar seperti mengejar pemberian vaksin polio untuk mencegah kejadian luar biasa (KLB).

“Insyaallah dalam visi misi Ganjar Pranowo-Mahfud MD benar-benar paham terhadap tugas beban kader posyandu, insyaallah, akan dapat perhatian,” ujarnya.

 

Hanya saja, Atikoh masih menyimpan rapat besarannya. “Rinciannya saya belum berani bilang. Biar nanti digodok biarpun saya sudah sedikit tahu perhitungannya,” ungkapnya.

Selain itu, kader posyandu juga nantinya akan diberikan pelatihan. Sehingga, mereka bisa memberi edukasi pencegahan berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, hingga hipertensi.

“Kader posyandu akan diberi pelatihan mengampanyekan pencegahan dengan cara, pola hidup sehat, makannya seperti apa,” pungkas Atikoh.