Atikoh Minta Anak Muda Cek Track Record Calon Pemimpin Sebelum Memilih
Siti Atikoh/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

BANYUWANGI - Siti Atikoh yang merupakan istri dari capres Ganjar Pranowo minta anak muda menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari. Mereka harus memberi suara pada pemimpin yang amanah sehingga mengecek track record atau rekam jejak menjadi kewajiban.

"Untuk pemilih muda ini saatnya teman-teman, adik-adik, anak-anakku, ikut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia lima tahun ke depan," kata Atikoh kepada wartawan di Pendopo Yayasan Bumi Sroyo, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu, 24 Januari.

Kejelian untuk mencari pemimpin perlu ditunjukkan anak muda. "Ayo gunakan hak pilihnya, tentukan pemimpin yang baik, yang amanah, lihat track recordnya,” tegas Atikoh.

“Kemudian kita bisa menentukan siapa yang paling sesuai untuk adik-adik pilih,” sambungnya.

Atikoh juga menekankan anak muda harus mengingatkan keluarga maupun teman-temannya untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS). “Karena satu suara itu sangat berpengaruh untuk masa depan bangsa dan negara," ujarnya.

 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Jumlahnya mencapai 204.807.222 pemilih.

Dari angka tersebut, 55 persen di antaranya generasi Z dan milenial. Sedangkan pemilih dari generasi Z adalah sebanyak 46.800.161 pemilih atau sebanyak 22,85 persen dari total DPT Pemilu 2024. 

Selain itu, ada kelompok pemilih dari generasi X yang menyusul di urutan berikutnya yaitu sebanyak 57.486.482 atau 28,07 persen dari total pemilih. Generasi X adalah orang kelahiran 1965 hingga 1979.

Sisanya berasal dari kelompok generasi pre-boomer, atau orang yang lahir sebelum tahun 1944 dengan total sebanyak 3.570.850 atau 1,74 persen pemilih.