Bagikan:

BANYUWANGI - Siti Atikoh, istri capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, mengatakan dirinya berasal dari keluarga sederhana. Dia dan pasangannya sudah pernah hidup susah bahkan sampai merasa kelaparan.

Hal ini disampaikan Atikoh saat menyapa masyarakat, petani, dan nelayan di Muncang, Banyuwangi, Rabu, 24 Januari. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian safari politik di Jawa Timur.

“Saya sama Mas Ganjar sama-sama berasal dari keluarga yang sangat-sangat biasa yang pernah merasakan kelaparan itu,” kata Atikoh dalam sambutannya.

Atikoh menyebut pengalaman hidup ini yang membuatnya bersama Ganjar tahu perjuangan masyarakat saat memperbaiki taraf hidup. Salah satunya adalah melalui pendidikan.

 

Karenanya, pasangan nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud MD bakal menerapkan SMK Gratis. Atikoh bilang program ini diharap membantu memperbaiki taraf hidup masyarakat.

“Semuanya gratis. Mulai dari seragamnya, tempat tinggalnya, buku, tas, sepatu, dan untuk praktik-praktik semuanya gratis tetapi yang boleh sekolah di situ hanya orang yang tidak mampu,” tegasnya 

“Dan seratus persen lulusannya yang ada di Jawa Tengah ini terserap dunia kerja dengan cepat,” sambung Atikoh.

Adapun keberhasilan ini sudah dilihat langsung oleh Ganjar maupun dirinya, ujar Atikoh. Anak-anak yang menikmati program SMK Gratis kekinian bisa mengangkat taraf hidup keluarganya.

“Sudah banyak cerita suksesnya, anaknya sudah bisa bangunkan rumah untuk orang tua. Kemudian, dia itu juga bisa melanjutkan kuliah bahkan banyak yang bekerjanya itu di luar negeri,” pungkasnya.