Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanggapi debat cawapres kedua yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada Minggu 21 Januari.

Menurutnya, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka selalu berusaha melibatkan UMKM dan generasi muda dalam setiap argumennya.

Menurut Khofifah, upaya Gibran yang berusaha melibatkan UMKM dan generasi muda dalam setiap program maupun argumennya itu patut dicontoh oleh para pemangku negara sebagai bentuk keseriusan komitmen.

"(Gibran) hampir selalu menyampaikan dengan melibatkan kaum muda, milenial. Itu menurut saya sesuatu yang bisa digarisbawahi oleh kita bersama, yakni komitmen untuk melibatkan UMKM dan komitmen untuk melibatkan generasi muda lebih maksimal lagi," kata Khofifah saat seusai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, 22 Januari.

Khofifah menuturkan, Gibran juga kerap menyuarakan solusi dengan menduetkan kemitraan antara pengusaha besar dengan UMKM.

"Apa yang ingin saya garis bawahi adalah selalu mengakhiri kalimat-kalimat kemitraan antara pengusaha besar, pelaku usaha besar dengan UMKM. Hampir selalu begitu," kata Khofifah.

Diberitakan sebelumnya, dalam debat, Gibran menyebut program hilirisasi transisi energi berdampak positif untuk perekonomian Indonesia. Pasalnya, program-program itu dapat membuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk perempuan dan generasi muda.

"Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM, bisa dikawal, insyaallah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan," kata Gibran dalam debat kedua cawapres.

Gibran menyebut, dari 19 juta lapangan kerja yang dibuka, sebanyak lima juta lapangan kerja merupakan green jobs.