Bagikan:

JAKARTA - Royalti merupakan hak yang diterima oleh penulis atas karya intelektual miliknya. Setiap menerbitkan buku, penulis akan mendapatkan royalti sesuai kesepakatan. Sehingga, penulis wajib memahami perhitungan dan memastikan penjualan buku karena akan berpengaruh terhadap royalti yang dapatkan.

Memahami pentingnya transparansi royalti buku, Penerbit Deepublish meluncurkan Portal Penulis dengan fitur unggulan berupa Penerbit Deepublish Royalti. Lewat fitur ini, para mitra penulis di penerbit bisa melakukan pengecekan laporan royalti hingga pencairan kapanpun dan dimanapun.

Penerbit Deepublish Royalti, Fitur Andalan Portal Penulis

Memasuki tahun 2024, sejalan dengan peringatan HUT ke-14 Penerbit Deepublish akan diluncurkan Portal Penulis. Portal Penulis menjadi portal atau website khusus yang membantu mengakses layanan dan laporan penerbit oleh penulis secara mandiri.

Salah satu fitur yang disediakan di Portal Penulis adalah Penerbit Deepublish Royalti. Sesuai dengan namanya, fitur ini membantu mengecek laporan royalti dan seluruh histori penjualan.

Sehingga para penulis bisa melakukan pemantauan penjualan buku yang diterbitkan bersama Penerbit Deepublis sekaligus mengecek laporan royalti, mulai dari jumlah dan kapan bisa diajukan pencairannya. Semua ini bisa dilakukan mandiri oleh penulis.

Sistem Portal Penulis yang sudah online memberi fleksibilitas akses kepada para penulis. Sehingga pengecekan seluruh layanan, termasuk laporan royalti bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama para penulis terhubung dengan internet.

Lewat perilisan Portal Penulis dengan fitur Penerbit Deepublish Royalti dan lain sebagainya ini. Diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan dan kepuasan para penulis sebagai mitra Penerbit Deepublish.

Keunggulan Fitur Penerbit Deepublish Royalti

Seperti yang disampaikan sebelumnya, fitur unggulan di dalam Portal Penulis adalah Penerbit Deepublish Royalti. Artinya, selain fitur ini, tentu saja masih banyak fitur lain yang bisa diakses para penulis dalam menggunakan seluruh layanan Penerbit Deepublish.

Selain itu, dengan adanya fitur yang mengacu pada update laporan royalti ini maka ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan, antara lain:

1. Diakses Dimanapun dan Kapanpun

Sejalan dengan penjelasan sekilas sebelumnya, bahwa Portal Penulis berjalan dengan sistem online alias berbasis internet. Maka akses ke portal ini menjadi sangat fleksibel.

Para mitra penulis bisa masuk atau login ke akun masing-masing kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet. Sehingga bisa mengecek laporan royalti dan penjualan buku sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

Adanya sistem berbasis online ini diharapkan bisa memberi kemudahan akses kepada para penulis yang tentunya memiliki kesibukan lain selain dari aktivitas menulis. Sehingga lebih praktis dan bisa lebih mudah disesuaikan dengan jadwal pribadi.

2. Laporan Royalti Lengkap dan Realtime

Keunggulan kedua dari fitur Penerbit Deepublish Royalti di dalam Portal Penulis yang dirilis penerbit adalah laporan royalti yang dibuat sangat lengkap. Sebab memuat seluruh informasi yang berkaitan dengan royalti tersebut.

Sebut saja seperti tanggal transaksi buku alias tanggal penjualan buku, kemudian nominal akhir royalti yang diterima penulis, informasi asal penjualan apakah dari marketplace, reseller, atau mitra penerbit lainnya, dan juga jumlah eksemplar.

Jadi, laporan royalti yang Anda terima dan bisa Anda akses kapan saja tidak sekedar menampilkan nominal akhir. Melainkan juga menampilkan informasi lain secara mendetail. Sehingga Anda tahu betul nominal ini asalnya dari mana dan pada tanggal berapa ada pertambahan.

3. Bisa Transfer ke Berbagai Platform

Penerbit Deepublish yang sudah beroperasi selama 14 tahun dan menerbitkan lebih dari 13.000 judul buku tentu berharap fitur Penerbit Deepublish Royalti bisa diandalkan.

Selain memiliki dua kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur ini juga menghadirkan kelebihan dalam bentuk kemudahan pencairan. Artinya, saldo royalti bisa dicairkan tidak hanya kapan saja melainkan bisa ditransfer kemana saja.

Jika penulis memiliki rekening bank, selama dari bank resmi dan sudah online maka transfer akan dilakukan ke rekening yang didaftarkan. Bagaimana jika penulis tidak memiliki rekening bank?

Tidak perlu cemas, karena pencairan royalti dari Penerbit Deepublish bisa melalui platform keuangan apapun. Termasuk aplikasi dompet digital atau e-wallet. Jadi, pastikan Anda memiliki dompet digital untuk menerima hak Anda tersebut tepat waktu.

Tak hanya itu, jika ada biaya admin maka akan ditanggung pihak penerbit. Sehingga royalti yang Anda terima di rekening atau dompet digital sesuai nominalnya dengan di laporan royalti yang diterima. Dijamin tidak ada potongan biaya apapun.

4. Dapat Laporan Dikirim dalam 24 Jam

Keunggulan keempat dari fitur Penerbit Deepublish Royalti di dalam Portal Penulis adalah memberikan laporan yang dikirim dalam 24 jam. Jadi, penulis sudah bisa mengajukan pencairan royalti jika saldo minimal adalah Rp50.000.

Pengajuan pencairan dan pasca pencairan akan memberikan laporan yang dikirim sesuai permintaan penulis melalui alamat email dan WhatsApp. Laporan akan dikirimkan dalam kurun waktu 1x24 jam oleh Admin Royalti pada hari dan jam kerja.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Admin Royalti, yakni Atrinidya Juanita (Atrin) - 0811-2833-965. Sebagai catatan tambahan, proses transfer royalti akan dilakukan di 5 hari kerja dan pada jam kerja sesuai antrian.

5. Bisa Tarik Saldo Royalti Kapan Saja

Keunggulan lain dari fitur Penerbit Deepublish Royalti adalah bisa memudahkan penulis untuk menarik saldo royalti kapan saja. Selama saldo royalti sudah Rp50.000 atau lebih, maka pengajuan pencairan sudah bisa dilakukan melalui Portal Penulis.

Meskipun akan ditransfer di hari dan jam kerja sesuai jam operasional Penerbit Deepublish. Namun untuk pengajuan pencairan bisa kapan saja, sebab Portal Penulis memang sudah online dan realtime.

6. Solusi Terima Royalti Tanpa Antre

Bersama hadirnya Portal Penulis dengan fitur unggulan Penerbit Deepublish Royalti, maka penulis bisa mengajukan pencairan royalti tanpa harus antri. Penulis juga tidak perlu meninggalkan kegiatannya sekadar ingin mencairkan royalti.

Cukup buka smartphone atau mungkin perangkat komputer Anda dan akses Portal Penulis. Maka dalam hitungan detik Anda bisa update laporan royalti dan bahkan bisa mengajukan pencairan tanpa perlu pergi kemana-mana.

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai penulis Penerbit Deepublish yang sudah menerbitkan buku, maka bisa menghubungi tim CS untuk mendapatkan layanan registrasi akun. Sehingga bisa segera memanfaatkan fitur Penerbit Deepublish Royalti di dalam Portal Penulis.

Jika Anda belum menjadi penulis Penerbit Deepublish dan sudah memiliki naskah siap terbit. Jangan ragu untuk segera mengirimkan naskah tersebut dan mendaftar menjadi mitra Penulis melalui Gabung Jadi Penulis Deepublish bersama lebih dari 6.000 penulis dari berbagai wilayah Indonesia.

Pendaftaran dan proses pengiriman naskah mudah, apalagi jika sudah memiliki akses ke Portal Penulis. Maka dimudahkan untuk mengirimkan naskah secara online yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Kehadiran Portal Penulis dengan fitur unggulan Penerbit Deepublish Royalti tentu bukan pencapaian akhir. Digitalisasi layanan dan optimalisasi layanan dalam bentuk lain akan terus diupayakan penerbit, sehingga selalu memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi para penulis.