Bagikan:

JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Hanya saja, dengan kelebihan tersebut Indonesia masih berhadapan dengan masalah literasi yang belum maksimal. Menurut hasil PISA 2022, peringkat Indonesia pada literasi membaca, matematika, dan sains naik 5-6 posisi dibandingkan tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, kenaikan ini masih menunjukan bahwa literasi masyarakat masih terbilang rendah. Selain itu, masalah literasi yang berkaitan dengan kasus pembajakan buku masih marak dijumpai di Indonesia. Berawal dari kondisi tersebut, isu terkait literasi menjadi penting untuk diperhatikan.

Pada hari Sabtu 3 Februari, Penerbit Deepublish menggelar acara Gala Dinner yang bertempat di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai media untuk menjalin silaturahmi serta memperkuat kolaborasi dengan para akademisi untuk meningkatkan literasi di Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh seluruh karyawan, mitra, serta sejumlah pejabat dari perwakilan Kemenparekraf RI, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah D.I.Yogyakarta, serta IKAPI DIY.

Acara Gala Dinner dibuka dengan sambutan dari Founder Penerbit Deepublish yaitu Prof. Dr. drh. Rr. Retno Widyani, M.S., M.H. Dalam sambutannya, Prof Retno menyampaikan bahwa lahirnya Penerbit Deepublish merupakan sebuah dedikasi untuk membantu dan mendukung karir dosen Indonesia dengan menerbitkan buku-buku yang berkualitas.

Selain itu, sambutan juga disampaikan oleh Wawan Arif selaku Ketua IKAPI DIY dan Kurniawan, S.Sos., S.I.Akt., MEc.dev selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah D.I.Yogyakarta.

Kemeriahan dalam acara Gala Dinner kali ini juga semakin terasa dengan sambutan yang disampaikan oleh General Manager Penerbit Deepublish yaitu Gilang Mukti Prabowo, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Gilang menyampaikan bahwa di tahun 2024 ini Deepublish terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan untuk para konsumen dengan menciptakan layanan berbasis web base.

Melalui layanan ini, diharapkan lebih banyak penulis mendapat kemudahan mengakses seluruh layanan Penerbit Deepublish. Selain itu, Penerbit Deepublish kini telah selangkah lebih dekat dengan konsumennya karena adanya kantor representatif di Jakarta dan Malang.

Acara Gala Dinner tahun ini juga menjadi momen diperkenalkannya Prof. Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA yang merupakan Rektor Universitas Dhyana Pura dan juga ucapan terimakasih kepada Dr. Miguna Astuti S.Si., MM., MOS., CPM., CIRR yang merupakan Dosen dari Universitas Pembangunan Veteran Nasional Jakarta, yang telah membersamai Penerbit Deepublish selama 3 tahun ini.

Penerbit Deepublish akan berkolaborasi dengan para Dosen Ambassador dalam memberikan edukasi kepada dosen dan institusi di seluruh Indonesia dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi.

Seperti pada penyelenggaraan Gala Dinner di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Penerbit Deepublish juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak. Penghargaan kali ini ditujukan kepada sejumlah mitra yang mendukung perjalanan Penerbit Deepublish selama 14 tahun.

Adanya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi para mitra Deepublish untuk bisa terus berkontribusi dalam menyediakan buku berkualitas untuk meningkatkan literasi di Indonesia.