KPU Ungkap 1 TPS di Rejang Lebong <i>Blank Spot</i> Internet, Akses Sirekap Terkendala
Ilustrasi TPS Pemilu 2019. (Antara)

Bagikan:

BENGKULU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat tinggal satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, yang belum terjangkau jaringan internet. Akibatnya akses Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) Pemilu 2024 menjadi terkendala.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Rejang Lebong Muhammad Anas Kholiq mengatakan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 akan menggunakan Sirekap sehingga lokasi pendirian setiap TPS harus didukung jaringan internet yang memadai.

"Saat ini dari 40 TPS yang semula terkendala jaringan internet, tinggal satu TPS lagi yang berada di Desa Talang Belitar, Kecamatan Sindang Dataran, yang statusnya masih blank spot," kata Anas di Rejang Lebong, Bengkulu, Senin 15 Januari, disitat Antara.

Dia menjelaskan, semula TPS yang mengalami kendala sinyal internet lemah atau bahkan tidak ada jaringan internet tercatat 40 dari total 816 TPS di Kabupaten Rejang Lebong.

"Di Kecamatan Sindang Dataran ini ada dua desa yang blank spot, yakni Warung Pojok dan Talang Belitar. Untuk di Desa Warung Pojok, kita sudah ada solusinya menggunakan modem orbit yang memancarkan sinyal wifi. Modemnya akan kita pasang di tempat tinggi," terangnya.

Sedangkan untuk masalah jaringan internet di Desa Talang Belitar sudah diupayakan menggunakan berbagai provider, namun belum bisa mendapatkan jaringan internet sehingga masih dicarikan jalannya keluarnya.

Sebelumnya, KPU Rejang Lebong mencatat dari 816 TPS Pemilu 2024 yang tersebar pada 15 kecamatan, terdapat 40 TPS yang terkendala masalah jaringan telekomunikasi (internet), mulai dari sinyal lemah, bahkan ada beberapa TPS yang tidak memiliki sinyal sama sekali atau blank spot.

Desa-desa yang terkendala jaringan internet ini tersebar di beberapa kecamatan, khususnya lima desa di Lembak. Bahkan, dari jumlah itu, ada lima desa yang TPS-nya tidak memiliki sama sekali jaringan sinyal seluler.

Lima desa meliputi Desa Warung Pojok dan Desa Talang Belitar di Kecamatan Sindang Dataran, Desa Lubuk Belimbing II di Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Desa Lubuk Mumpo di Kecamatan Kota Padang, dan Desa Trans Bukit Batu di Kecamatan Padang Ulak Tanding.