Jokowi Dinilai Ikut Campur Kontestasi Pilpres, Gibran: Biar Warga yang Menilai
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024). ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Solo yang juga merupakan calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka seperti biasanya hanya berkata menampung masukan dari masyarakat terkait Pemilihan Presiden 2024.

Pernyataan ini disampaikan Gibran juga merespons isu Presiden Joko Widodo dianggap ikut campur pada pelaksanaan Pilpres 2024.

"Monggo, kalau ada masukan dari warga, evaluasi kami tampung nggih. Makasih," ucapnya di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 11 Januari. 

Gibran juga enggan memberikan tanggapan pribadi terkait anggapan Presiden Jokowi yang ikut campur pada kontestasi pilpres tersebut.

"Itu biar warga yang menilai," katanya singkat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan pandangannya soal debat ketiga Pilpres 2024. Menurut Jokowi, substansi visi calon presiden dan calon wakil presiden pada debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu, 7 Januari malam, tidak tampak.

"Ya, yang pertama, memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan," katanya.

Jokowi menilai yang terlihat pada debat ketiga justru saling menyerang antar-personal yang semestinya hal itu tidak terjadi.

"Yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya nggak apa asal kebijakan, asal policy, asal visi, nggak apa," ujarnya.

Presiden menekankan apabila debat sudah menyerang personal, pribadi, yang tidak ada hubungan dengan konteks debat, maka debat dapat disebut kurang memberi pendidikan.