Menteri PUPR Basuki Datangi Sumbar, Jalan dan Jembatan Rusak Akibat Banjir Bakal Diperbaiki
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kondisi Jembatan Kiambang di Padang Pariaman yang rusak akibat banjir, Kamis (11/1/2024). ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar

Bagikan:

PADANG - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah memerintahkan Balai Pelaksana Jalan Sumbar untuk segera memperbaiki jalan dan jembatan pada jalan lintas sumatera yang rusak akibat diterjang banjir.

"Menteri PUPR meninjau sejumlah proyek infrastruktur di Sumbar hari ini, Kamis (11/1) pagi. Dalam kunjungan ini beliau memerintahkan Balai Pelaksana Jalan untuk segera menyiapkan perencanaan perbaikan jalan di Silingkang Oso dan Jembatan Kiambang kemudian segera menenderkan," katanya di Padang dilansir ANTARA, Kamis, 11 Januari.

Jembatan yang menjadi sorotan Menteri PUPR tersebut adalah Jembatan di Kiambang, Padang Pariaman yang merupakan Jalan Lintas Sumatera Padang-Pekanbaru. Sementara jalan terban dan tergerus banjir berada di Silungkang Oso yang merupakan bagian Jalan Lintas Sumatera Sumbar-Jakarta.

"Jalan dan jembatan ini penting karena berada pada jalur utama penghubung Sumbar dengan provinsi tetangga. Penting untuk segera diperbaiki," katanya.

Mahyeldi mengatakan jalan dan jembatan itu, karena berada di jalan lintas sumatera, menjadi kewenangan pusat melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional.

Namun Pemprov Sumbar menurutnya akan ikut membantu perbaikan jalan dan jembatan tersebut sesuai dengan kewenangan yang ada.

Saat ini, kondisi jembatan di Kiambang, Padang Pariaman tidak bisa dilewati dan telah ditutup sejak tonggak penopang bagian tengah jembatan tergerus oleh arus banjir, pada September tahun lalu.

Namun karena jembatan tersebut merupakan jembatan kembar sejajar, maka jembatan yang satu lagi, yang tidak rusak, tetap bisa dilewati kendaraan. Meski demikian, arus transportasi di titik tersebut menjadi agak tersendat dan berpotensi macet.

Sementara itu badan jalan yang terban di Silungkang Oso juga rusak akibat banjir. Di bawah badan jalan itu terdapat polongan air yang juga sudah bergeser sehingga berbahaya untuk dilewati.

"Kita berharap jalan dan jembatan ini bisa segera diselesaikan agar jalur darat dari Sumbar ke Riau dan Sumbar ke Jakarta bisa kembali lancar," katanya.

Selain menyorot jalan dan jembatan yang rusak itu, Mentri PUPR juga meninjau proyek pembangunan Tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.