Singgung Utang Luar Negeri, Ganjar Pranowo: No Utang, No Usang
Ganjar Pranowo tangkap layar

Bagikan:

JAKARTA - Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menyinggung terkait utang luar negeri (ULN) Indonesia. Ganjar mewanti-wanti agar berhati-hati jika ingin berutang. Ia tak ingin Indonesia kolaps imbas dari utang.

Ganjar mengaku mengantongi data kalau banyak negara di dunia mengalami kolaps karena mengambil utang terlalu tinggi. Karena itu, dia bilang utang merupakan sesuatu yang mematikan.

“Kita membaca buku Confessions of an Economic Hit Man dari John Perkins, bahwa utang-utang itu bisa mematikan. Maka hati-hati kalau mau utang,” ujar Ganjar dalam Debat Capres 2024 dilansir dari YouTube KPU RI, Minggu, 7 Januari.

Alih-alih mengandalkan utang, Ganjar justru mengaku ingin menggunakan kekuatan dalam negeri. Ia menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia harus berada di level 7 persen.

“Kemudian government berjalan maka ICOR turun 4 persen dan kita musti betul-betul anti korupsi kalau itu tidak dilakukan,” ucapnya.

Ganjar juga bilang industri pertahanan Indonesia harus dikuatkan. Ia mengaku tak ingin melakukan pengadaan alutsista bekas yang sudah usang.

“Jadi, mohon maaf kaitannya dengan utang, no utang, no usang. Sehingga alutsista kita betul-betul transfer of teknologi,” tuturnya.