Mengenal Satu-satunya Hewan di Dunia Yang Tidak Bernapas
Hewan parasit Henneguya salminicola dilihat dengan mikroskop (phys.org/Stephen Douglas Atkinson)

Bagikan:

JAKARTA - Di dunia ini ternyata ada hewan yang tidak perlu bernapas untuk bisa hidup. Hewan parasit itu bernama henneguya salminicola. Ketika hewan ini menenggelamkan diri dalam daging ikan, di sana ia tidak bisa dan memang tidak perlu bernapas. 

Kalau saja seluruh hidup manusia dihabiskan untuk menginfeksi jaringan otot pada ikan dan cacing bawah air seperti yang dilakukan salminicola, kemungkinan tidak akan punya kesempatan untuk mengubah oksigen menjadi energi. Namun menurut studi baru yang diterbitkan jurnal Proceedings of National Academy of Sciences Amerika Serikat, karena salminicola tidak memiliki genom pernapasan, maka ia tak perlu mengubah oksigen untuk mendapatkan energi. 

Sementara itu, sebuah analisis mikroskospik dari makhluk tersebut mengungkapkan bahwa tidak seperti hewan lain, salminicola tidak memiliki genom mitokondria. Genom mitokondria adalah bagian kecil namun penting dari DNA yang bertanggung jawab untuk melakukan respirasi atau kegiatan memasukkan dan mengeluarkan udara ke dalam dan dari paru-paru. 

Kealfaan genom mitokondria merupakan keanehan pada karakter hewan parasit. Tak seperti banyak parasit dari kelas myxozoa - sekelompok hewan mikroskopis yang mirip ubur-ubur - salminicola lebih mirip nenek moyang ubur-ubur namun yang telah berevolusi. 

"Mereka telah kehilangan jaringan mereka, sel-sel saraf mereka, otot-otot mereka, semuanya," kata seorang ahli biologi evolusi di Universitas Tel Aviv Israel Dorothee Huchon dilansir Live Science. "Dan sekarang kita mendapati mereka kehilangan kemampuan bernapasnya."

Menurut Huchon, adanya perampingan secara genetika itu memberikan keuntungan bagi parasit seperti salminicola yang berkembang dengan bereproduksi dengan cepat dan sering. Parasit salminicola ini relatif jinak, tak seperti parasit kebanyakan yang masih dalam satu famili yang menjadi ancaman bagi ikan dan nelayan. 

Parasit ini bisa didapati dari daging ikan putih. Ikan yang ada salminicola-nya adalah ikan yang terinfeksi penyakit yang disebut tapioka. 

Ketika dilihat menggunakan mikroskop, salminicola ini terlihat seperti sel sperma berwarna biru dengan dua ekor dan sepasang mata oval seperti alien