Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei teranyar terkait elektabilitas pasangan capres dan cawapres khusus di Jawa Timur.

Hasilnya, elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebesar 46,7 persen.

Dengan perolehan suara tersebut, Prabowo-Gibran mengungguli dua paslon lainnya. Sementara di posisi kedua ada paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 26,6 persen, disusul paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhamimin Iskandar (Cak Imin) dengan 16,2 persen.

“Prabowo-Gibran berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden diadakan pada saat survei dilakukan, yaitu di angka 46,7 persen," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei bertajuk 'Peta Terkini Kompetisi Pemilu 2024 di Jawa Timur' yang disiarkan secara virtual, Jumat, 5 Januari.

"Kemudian disusul dengan Ganjar-Mahfud MD dengan 26,6 persen dan pasangan Anies-Muhaimin di angka 16,2 persen," sambungnya.

Djayadi mengatakan, apabila Pilpres 2024 digelar dua putaran, maka dua paslon yang diprediksi akan bersaing adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud MD.

“Karena posisi Anies berada di angka 16,2 persen," kata Djayadi.

Sebagai informasi, survei LSI dilakukan pada periode 16-28 Desember 2023 dengan total sampel sebanyak 8.800 responden di Provinsi Jawa Timur. Ribuan responden tersebut diperoleh melalui teknik multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 1,1 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen.