Daftar Kejadian Tabrakan Kereta Api di Indonesia yang Mengerikan
Tabrakan kereta api di Bintaro dikenal dengan nama Tragedi Bintaro tahun 1987. (Wikipedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kecelakaan yang terjadi antara KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya memperpanjang daftar kejadian tabrakan kereta api di Indonesia. Setidaknya ada tiga orang yang meninggal dalam peristiwa tersebut yakni masinis KA Lokal Bandung Raya, asisten masinis, dan satu orang pramugara KA Turangga.

Di Indonesia sendiri tabrakan kereta api terjadi beberapa kali. Bahkan tak jarang korban meninggal dunia akibat kecelakaan.

Daftar Kejadian Tabrakan Kereta Api di Indonesia

Artikel berikut ini akan membahas beberapa kecelakaan kereta api yang sempat menuai sorotan dalam sejarah transportasi.

1. Tragedi Bintaro 1

Tragedi Bintaro jadi salah satu peristiwa kecelakaan yang cukup membekas. Tidak hanya bagi korban, namun bagi masyarakat secara luas. Tragedi Bintaro sendiri adalah kecelakaan kereta api yang terjadi pada 19 Oktober tahun 1987.

Kecelakaan tersebut melibatkan dua kereta api yang kala itu melaju dengan kecepatan tinggi yakni KA 220 Patas Merak (Merak) dan KA lokal 225 (Rangkas).

Kala itu KA Rangkas menarik tujuh gerbong yang berangkat dari Tanah Abang menuju arah Merak. Sedangkan KA Merak berangkat dari Rangkasbitung menuju Tanah Abang. Keduanya saling bertabrakan adu banteng pada pukul 06:45 WIB di kawasan Bintaro.

Jumlah korban Tragedi Bintaro sendiri mencapai 159 orang meninggal dan 300 orang mengalami luka.

2. Tabrakan Ratujaya

Kecelakaan Kereta Api Ratujaya terjadi jauh sebelum Tragedi Bintaro yakni pada tanggal 20 September 1968. Kecelakaan ini melibatkan 2 lokomotif yakni lokomotif ESS 3201 dan lokomotif BB201 11. Keduanya bertabrakan di Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Depok.

Jumlah korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut mencapai 116 orang, sedangkan jumlah korban luka berat mencapai 84 orang, dan korban luka ringan mencapai 52 orang. Tidak hanya menimbulkan kerugian korban jiwa, dalam kecelakaan juga mengakibatkan Lokomotif ESS 3201 mengalami rusak parah hingga akhirnya diafkirkan.

3. Kecelakaan KA Padang Panjang

Kecelakaan ini terjadi pada 22 Desember 1944. Dalam tragedi tersebut, jumlah korban tewas mencapai 200 orang sedangkan korban luka mencapai 250 orang. Kecelakaan ini terjadi di Singgalang Kariang, Padang Panjang yang saat ini menjadi lokasi rest area Lembah Anai, Sumbar. Di lokasi tersebut memang bukit dan terjal sehingga cukup rawan kecelakaan.

Kala itu pemicu kecelakaan KA Padang Panjang disebabkan oleh rem blong hingga berujung pada slip roda lokomotif dan keluar rel.

4. Kecelakaan KA Empu Jaya

Kecelakaan ini terjadi pada 25 Desember 2001. Kala itu KA 146 Empu Jaya menabrak KA 153 Gaya Baru Malam Selatan. KA 153 sendiri ketika itu sedang menunggu bersilangan di stasiun Ketanggungan Barat, Brebes hingga tak bisa menghindari tabrakan. Dalam peristiwa tersebut setidaknya ada 45 orang meninggal.

Itulah informasi terkait daftar kejadian tabrakan kereta api di Indonesia. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.