Jelang Debat Capres Tema Pertahanan dan Keamanan, Eks Panglima TNI Andika Beri Masukan ke Ganjar
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa ikut memberi masukan kepada Ganjar Pranowo jelang debat calon presiden (capres) yang kedua pada Minggu, 7 Januari mendatang. Eks Panglima TNI itu mengaku ada sejumlah isu yang dipersiapkan.

“Hari Sabtu kemarin saya sudah memberikan masukan kepada tim yang akan mengumpulkan, menghimpun semua isu-isu yang kemudian nanti dilaporkan kepada Mas Ganjar,” kata Andika di Media Center TPN Ganjar-Mahfud yang dikutip pada Selasa, 2 Januari.

Andika mengamini ada tim yang membantu Ganjar mempersiapkan debat bertema pertahanan dan keamanan. Hanya saja, dia tak mau memerinci siapa saja dan berapa jumlah anggotanya.

Purnawirawan Jenderal TNI itu hanya menyebut tim ini diisi banyak orang. Mereka diberi alokasi waktu untuk bertemu Ganjar dan memberikan catatan untuk dipelajari eks Gubernur Jawa Tengah itu.

“Tim ini ada cukup banyak orang cuma kita seperti dibagi waktu lah, sesuai ketersediaan masing-masing. Jadi yang saya tahu ada beberapa,” tegasnya.

Lebih lanjut, Andika mengatakan dirinya siap memberikan penjelasan soal diksi pertahanan maupun keamanan. “Saya juga kasih masukan yang menurut saya cukup banyak,” ungkapnya.

“Walaupun terserah nanti Mas Ganjar dan saya yakin mungkin kebanyakan juga sudah tahu lah Mas Ganjar. Sifatnya (saya, red) hanya mengingatkan saja,” sambung Andika.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan jadwal debat Pilpres 2024. Kegiatan ini akan digelar lima kali dan akan berlangsung di Jakarta.

Pada debat perdana yang digelar Selasa, 12 Desember lalu temanya adalah hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. Para capres telah menjelaskan visi misi mereka.

Berikutnya, debat kedua dilaksanakan 22 Desember dengan tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN. Kegiatan ini diikuti oleh para calon wakil presiden (cawapres).

Pada debat ketiga, KPU menentukan temanya adalah pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Kegiatan ini bakal dilaksanakan pada 7 Januari.

Debat keempat dilaksanakan pada 21 Januari 2024, mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Terakhir, debat dilaksanakan pada 4 Februari 2024 dengan tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.