Bagikan:

JAKARTA - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto telah menyelesaikan lima program priorita di bidang kesejahteraan masyarakat atau kesra. Capaian ini disampaikan melalui catatan akhir tahun yang juga berisi laporan singkat pada masyarakat. 

Andap jadi penjabat gubernur sejak 5 September lalu. Ada sejumlah fokus pekerjaan yang sudah dilaksanakan bersama pemangku kebijakan di Sulawesi Tenggara.

“Saya mendapatkan tugas sebagai Pj Gubernur Sultra selama 117 hari di tahun 2023. Waktu tugas singkat di tahun 2023, saya fokuskan pada beberapa langkah strategi,” kata Andap dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 30 Desember.

Pensiunan Korps Bhayangkara tersebut menyebut sejumlah capaian yang sudah diraihnya, termasuk memperbaiki 43 unit rumah tak layak huni di seluruh kabupaten dan kota serta menyediakan gerakan pangan murah.

Kemudian di bidang pendidikan dan kebudayaan ada sejumlah program yang sudah dilaksanakan, ujar Andap. Salah satunya peyaluran Program Indonesia Pintar bagi 49.058 siswa setingkat SMA/SMK/SLB di 17 kabupaten dan kota serta pemberian beasiswa bagi 167 Mahasiswa berprestasi di Universitas Halu Oleo, Universitas 19 November, dan IAIN Kendari.

“Di bidang kesra ini, kami juga menggelar festival kebudayaan Wakatobi Waves pada 2 sampai 6 November 2023 di Kabupaten Wakatobi. Kemudian, sultra Tenun Karnaval pada 2 Desember sampai 3 Desember 2023 di Kota Kendari,” ungkapnya.

 Capaian selanjutnya yang sudah dilakukan adalah meningkatkan layanan Puskesmas menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Konawe Kepulauan. Lalu ada juga penyaluran peralatan kewirausahaan bagi 54 kelompok UMKM di Kabupaten Konawe, serta menyalurkan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi 10 ribu masyarakat pekerja rentan dan pekerja miskin ekstrem di Kota Kendari.

 Sementara di bidang kehidupan sosial dan perlindungan hukum serta hak asasi, Andap bilang ada beberapa program yang sudah dijalankan. Di antaranya, pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 3.900 lansia di 9 kabupaten dan kota dengan total anggaran Rp 3,9 miliar.

Selanjutnya, ada juga penyaluran dana hibah bagi 29 pengurus masjid di Kabupaten Wakatobi serta pembentukan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Tahun 2023 di Provinsi Sultra.  "Pada bidang kesra kelima, yakni infrastruktur dan lingkungan hidup, kami juga telah melaksanakan sejumlah program,” ujar Andap.

“Di antaranya soft launching pemanfaatan Jalan Kembar Kali Kadia-Jalan Z. A. Sugianto-Jalan H. E. A. Mokodompit serta penyaluran 18 unit bak amrol atau bak sampah di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan," sambungnya.

 

Berbagai capaian ini, sambung Andap, tak membuat Pemprov Sultra berpuas diri. Dia mengatakan, akan banyak tantangan di tahun yang baru khususnya untuk menyejahterakan masyarakat utamanya yang berkaitan dengan Pilpres 2024.

"Kami akan menjamin netralitas ASN di Pemilu Presiden dan Legislatif, serta Pilkada. Saya berharap, perjuangan kita di tahun 2024 lebih terarah dan terukur. Fokus skala prioritas pada terwujudnya kesejahteraan rakyat Sultra," ucapnya.

"Selamat tinggal 2023 Ikhlaskan semua yang terjadi, semua yang terjadi di tahun 2023 jadi bekal songsong 2024. Selamat datang 2024 bersiap dengan jiwa pengabdian. Sultra bangkit, maju, dan sejahtera," pungkas Andap.