PJ Gubernur Sultra Rintis Kebijakan Pembangunan Berbasis Data Akurat
Sertijab Pj Gubernur Sultra/FOTO: ISTIMEWA

Bagikan:

JAKARTA - Serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), dari Ali Mazi kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Komjen Andap Budhi Revianto digelar hari ini.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sultra mengingatkan forkompimda untuk memberi atensi dan mengimplementasikan secara nyata reformasi birokrasi. Salah satunya dengan membangun digitalisasi SPBE dan layanan publik.

Mantan Kapolda Sultra itu berkomitmen untuk berupaya menghadirkan sistem pemerintahan berbasis data akurat dan aktual. Khususnya terkait agenda nasional tahapan Pemilu 2023 dan Pemilu 2024 serta Pilkada Serentak 2024, Komjen Pol Andap menyatakan akan mengawal dan mensukseskan pesta demokrasi tersebut. 

"Data yang akurat dan aktual yang menggambarkan kondisi dan kebutuhan riil di lapangan sangat dibutuhkan sehingga pembangunan Provinsi Sultra ke depan berjalan lebih efektif, transparan, tepat sasaran, dan akuntabel," ujar Komjen Andap kepada wartawan, Jumat, 8 Seltember. 

Menyoal isu sumber daya alam di Provinsi Sultra, Pj Gubernur menyatakan akan dilakukan pemetaan dan analisis potensi dan masalah secara mendalam dalam rangka peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan SDA Sultra. 

Menurutnya, hal tersebut diperlukan bukan sekadar penting bagi peningkatan PAD Sultra. Namun juga pertimbangan utama peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan SDA adalah kesejahteraan dan kemajuan.  

"Serta keselamatan masyarakat, sebagaimana amanat konstitusi," katanya. 

Sementara terkait temuan pemeriksaan BPK, Pj Gubernur menyatakan Pemerintah Provinsi Sultra memiliki kewajiban menindaklanjuti agar tidak ada temuan berulang. Serta laporan keuangan Provinsi Sultra semakin akuntabel tanpa cela.

"Kita selesaikan tugas-tugas yang tertuang dalam APBD Tahun Anggaran 2023 dengan sebaik-baiknya," tegas Komjen Pol Andap dalam instruksinya.