Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan membuat pedoman bagi pemerintah daerah terkait pengelolaan kota yang terarah menuju pusat pertumbuhan apabila terpilih dalam Pilpres 2024.

"Saat ini pemerintah tidak mempunyai 'guideline' (pedoman) di dalam mengelola kota secara sistematis," kata Juru Bicara Timnas AMIN Sulfikar Amir dikutip ANTARA, Jumat, 29 Desember.

Ia mengatakan bila pasangan Anies-Muhaimin terpilih, maka dipastikan pembangunan kota mempunyai pedoman yang jelas.

Menurut Sulfikar, pasangan AMIN nantinya akan fokus meningkatkan 40 kota yang ada di Indonesia supaya lebih baik lagi dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Sulfikar melanjutkan program 40 kota dan 14 kota prioritas yang dimiliki pasangan AMIN diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan warga yang tinggal di dalamnya.

"Nantinya kepentingan publik dan kebutuhan warga menjadi rujukan utama di dalam melakukan pengembangan kota," tuturnya.

Peningkatan 40 kota yang dimaksud yaitu dengan memperbaiki layanan transportasi publik, akses air bersih mudah, akses kesehatan dan lainnya.

Selain itu kata Sulfikar, konsep 40 kota dan prioritas 14 kota merupakan sebuah pemihakan terhadap kota-kota yang selama ini dianaktirikan oleh pemerintah.

"Siapa orang yang tidak mau kotanya nyaman, karena terdapat transportasi publik jadi orang-orang tidak perlu capek naik motor, akses air bersih mudah, dan akses kesehatan lebih baik," katanya.