Tegaskan Mahfud MD Bukan Ban Serep, Ganjar: Sejak Awal Sudah Deal Tugas Presiden dan Wakilnya
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD/DOK Instagram @mohmahfudmd

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo memastikan Mahfud MD yang kini jadi pendampingnya bukan ban serep. Keduanya bahkan sudah bicara soal prioritas masing-masing sejak awal dan sudah membuat kesepakatan.

“Dalam relasi saya dengan Pak Mahfud, kami malah deal dari awal apa saja yang akan menjadi prioritas tugas presiden dan wapres,” kata Ganjar seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat, 29 Desember.

Ganjar menekankan Mahfud akan diprioritaskan menangani masalah kepastian hukum hingga reformasi jika menjabat nanti.

“Ini meringankan jabatan saya sebagai presiden,” tegasnya.

“Karena Pak Mahfud akan berkonsentrasi di urusan ini tapi bukan berarti wapres itu menentukan dan memutuskan sendiri. Beliau bertanggungjawab untuk kemudian menyampaikan kepada presiden dan presiden yang akan memutuskan untuk jadi kebijakan,” sambung Ganjar.

Ganjar memastikan Mahfud bakal menjadi mitranya. Karenanya, anggapan wakil presiden hanya sebagai ban serep bisa hilang nantinya.

“Jangan ada anggapan bahwa wapres hanya sekadar ban serep. Nganggur. Saya tidak. Jadi ada banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan wapres sebagai pendamping presiden,” tegasnya.

Anggapan wakil presiden hanya ban serep sambung Ganjar seharusnya bisa hilang di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Eks Gubernur Jawa Tengah itu mencontohkan kerja Ma’ruf Amin yang berkonsentrasi mengurusi pelayanan publik.

“Saya kira Pak Wapres (Ma’ruf Amin, red) saat ini pun sangat luar biasa. Kemudian pelayanan publik ditangani dan kami sering diundang soal itu,” pungkas Ganjar.