Aliansi Kades Temui Jokowi di Istana, Bahas Perkembangan Revisi UU Desa
Ilustrasi. Pekerja mengecat dinding gedung Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019. (ANTARA-Wahyu P)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima aliansi kepala desa (kades) lintas asosiasi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 29 Desember.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Senthot Rudi Prastiono mengatakan kedatangan pihaknya untuk membahas perkembangan revisi Undang-Undang (UU) Desa.

"Kami bertemu dengan Presiden (Jokowi) kaitannya membahas revisi Undang-Undang Desa, Nomor 6 Tahun 2014. Kami ingin menanyakan kepada beliau langsung bagaimana perkembangan terkait revisi undang-undang tersebut," katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 29 Desember, disitat Antara.

Senthot mengatakan selain Papdesi, asosiasi yang hadir dalam pertemuan tersebut ialah yakni Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Jawa Timur dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi).

Dalam pertemuan itu, lanjutnya, Jokowi menyampaikan bahwa revisi Undang-Undang Desa sudah berada di parlemen. Senthot pun berharap setelah masa reses berakhir, revisi bisa segera disahkan.

"Aspirasinya segera disahkan, kan sudah dibahas di Baleg (Badan Legislasi DPR) dan di Pemerintah sudah dibahas, surat dari presiden juga sudah keluar," ujarnya.

Lebih jauh dalam pertemuan tersebut, Senthot dan rombongan mengaku sama sekali tidak membicarakan soal politik dengan Jokowi. Yang menjadi kepentingan kepala desa terkait politik, kata dia, hanyalah pemilu berjalan damai sampai ke tingkat desa.