Optimistis 21 Program Ganjar Rp500 Triliun Terealisasi, TPN: Dibanding 1 Program Rp400 Triliun per Tahun
Capres Prabowo Subiato bersama Capres Ganjar Pranowo saat debat perdana Pilpres 2024, Selasa 12 Desember (dok Gerindra)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD optimistis 21 program unggulan pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, bisa direalisasikan. Keyakinan itu dibuat berdasarkan kajian mendalam, termasuk soal pendanaan.

"Yakin bisa karena sudah dihitung dengan baik oleh pakar-pakar yang selama ini juga banyak terlibat dan membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo," kata Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Siti Rahmayanti Badjeber dalam keterangannya, Kamis 28 Desember, disitat Antara.

Selain jelas bisa dikerjakan dalam jangka waktu satu periode pemerintahan Ganjar-Mahfud, kata Rahmayanti, hasil kajian juga menunjukkan 21 program unggulan tersebut lebih bermanfaat dibandingkan program yang pasangan calon lain usung.

"Komparasi bahwa ini 21 program sekitar Rp500 triliun per tahun manfaatnya banyak dan menjangkau banyak orang, dibanding yang satu program Rp400 triliun per tahun dan jangkauannya terbatas," ujar dia.

Sedangkan Jubir Muda TPN Manik Marganamahendra mengatakan 21 program Ganjar-Mahfud MD merupakan bentuk kepedulian terhadap rakyat.

"Dengan biaya lebih sedikit dibandingkan program pasangan calon lain, program Ganjar-Mahfud lebih menjawab kebutuhan masyarakat," ujar Manik.

Dia bilang, masyarakat juga patut tahu Ganjar-Mahfud tidak melupakan pentingnya layanan kesehatan yang berkualitas. Merujuk pada daftar 21 program unggulan, Manik percaya masalah kesehatan akan selesai dari hulu ke hilir ketika Ganjar-Mahfud memimpin.

"Sehat dan sejahtera untuk Indonesia unggul jelas visi yang kita butuhkan untuk menjaga bonus demografi. Ganjar-Mahfud mampu melanjutkan sekaligus memperbaiki program pemerintah hari ini dan menaikkannya ke level yang lebih baik," tegas Manik.

Berikut adalah 21 program unggulan Ganjar-Mahfud:

1. 17 juta lapangan kerja

2. Satu desa, satu faskes, satu nakes

3. Uang saku kader posyandu

4. 10 juta hunian, punya rumah semudah punya motor

5. Sekolah dapat gaji, lulus pasti kerja

6. Satu keluarga miskin, satu sarjana

7. Perempuan maju

8. Buruh naik kelas

9. Kuliah gratis untuk anak prajurit dan Bhayangkara

10. Mudah berusaha termasuk UMKM dan koperasi

11. Masjid sejahtera, pengurus masjid terlindungi

12. Guru ngaji dan guru agama lain digaji

13. Pasokan pangan aman, harga enak di kantong

14. Lansia bahagia, anak cucu gembira

15. Petani bangga bertani

16. Di laut kita jaya, nelayan sejahtera

17. Disabilitas mandiri berprestasi, satu desa satu mobil akses

18. Internet super cepat, gratis merata

19. Bansos pasti lanjut tapi harus tepat sasaran

20. Sikat KKN

21. KTP Sakti.