Satpol PP DKI Buka Posko Pengaduan Anak Hilang hingga Korban Copet Saat Malam Tahun Baru
Satpo PP melakukan apel (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan malam Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, dan kawasan Monumen Nasional.

Dalam hal ini, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyebut pihaknya menyiagakan puluhan posko pengaduan masyarakat yang tersebar di titik-titik perayaan malam Tahun Baru.

"Kami membangun 56 posko pengaduan masyarakat. Pamdumas kami namakan, pengamanan dan pengaduan masyarakat. Posko ini ada di sepanjang Thamrin-Sudirman, baik di sisi barat maupun sisi timur jalan Thamrin-Sudirman itu," kata Arifin kepada wartawan, Kamis, 28 Desember.

Posko Pamdumas ini, ungkap Arifin, melayani berbagai pengaduan. Salah satunya adalah pelaporan anak hilang oleh orang tuanya saat mengikuti perayaan malam Tahun Baru.

"Ketika ada masyarakat yang mungkin kehilangan putra-putrinya, terpisah dari keluarganya, ya silakan melaporkan pengaduannya kepada petugas posko yang ada 56 titik itu. Mudah-mudahan kami bisa membantu, kemudian nanti menemukan salah satu keluarga yang terpisah," urai Arifin.

Selain itu, posko Pamdumas juga melayani pengaduan masyarakat yang menjadi korban tindakan kriminal, salah satunya kecopetan yang marak terjadi di tengah keramaian.

Satpol PP, lanjut Arifin, juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk menindaklanjuti praktik kejahatan di malam Tahun Baru nanti.

"Apabila mungkin ada yg kecopetan, ada tindakan kriminal, ya silakan mengadunya di 56 titik posko pengaduan masyarakat yang tersebar sepanjang Thamrin-Sudirman itu," jelasnya.

Untuk mengawasi jalannya keamanan dan ketertiban selama peringatan malam pergantian tahun, Arifin mengerahkan 1.600 jajaran Satpol PP yang disebar di sejumlah titik.

"Kami turunkan sejumlah 1.600 personel lebih. Khusus di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman, hampir 1.000 orang yang kita turunkan, mulai dari Monas sampai patung Pemuda Senayan," imbuhnya.

Menyambut tahun baru 2024, cukup banyak acara yang akan berlangsung di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan drone).

Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam kegiatan, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.

Pada segmen pertama Gemilang Silang Monas akan menampilkan pemutaran video, air mancur menari, hiburan dan sebagainya.

Lalu, ke arah barat daya Monas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendirikan panggung pembukaan yang bernama Jakarnaval (Jakarta Karnaval). Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Jakarnaval juga akan menampilkan berbagai mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Selanjutnya, di sepanjang Jalan MH Thamrin seperti di kawasan Sarinah dan Bundaran HI. Berbagai hiburan menarik di Sarinah akan menampilkan hiburan, panggung akustik dan karya seni manusia patung.