Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,1 Guncang Kupang NTT
Ilustrasi gempa bumi (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Kamis 28 Desember sekitar pukul 01.52 WIB.

Menurut informasi yang diterima, episenter gempa berada di darat, sekitar 15 km barat daya Kabupaten Kupang, dengan kedalaman 32 km pada koordinat 10.08 lintang selatan dan 123.78 bujur timur.

Guncangan gempa dirasakan cukup signifikan di Kota Kupang, dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI). Skala ini mengindikasikan bahwa getaran gempa terasa nyata dalam rumah, bahkan beberapa orang melaporkan bahwa getaran tersebut seakan-akan seperti truk besar sedang melintas.

BMKG turut memberikan imbauan kepada warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Meskipun gempa utama telah terjadi, sering kali diikuti oleh gempa-gempa susulan yang dapat menyebabkan kerusakan tambahan.

Pihak berwenang setempat diimbau untuk menjalankan prosedur keselamatan dan memastikan bahwa masyarakat diinformasikan dengan benar mengenai langkah-langkah yang perlu diambil dalam menghadapi situasi darurat.

Selain itu, BMKG juga terus memantau perkembangan situasi dan memberikan pembaruan secara berkala kepada masyarakat.